Kompas.com - 06/08/2014, 12:17 WIB
Instalasi karya András Cseh (CZITA Architects) lemayonline.comInstalasi karya András Cseh (CZITA Architects)
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Menara-menara kayu menjulang di Csórompuszta, Hungaria, sebagai bagian dari festival Hello Wood. Bentuk unik, indah, dan menarik seolah menjadi ode untuk material yang telah digunakan berabad-abad pada berbagai bangunan di seluruh dunia.

Festival tersebut mengajak pelajar dan mahasiswa mengenal kayu lebih baik dan membangun instalasi yang bisa "berinteraksi" dengan lokasi tempatnya berada.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahun ini merupakan tahun kelima festival serupa diadakan. Tiap tahun Hello Wood mengundang para mahasiswa untuk membangun instalasi kayu selama satu minggu. Pembangunan tersebut akan menghasilkan ide-ide berbeda dan diawasi oleh tutor khusus yang sudah dipilih panitia. Tema kali ini terbilang menarik. Tidak hanya mengeksplorasi karakter kayu secara umum, panitia meminta mahasiswa "bermain" dengan keseimbangan.

Kegiatan ini menghasilkan instalasi-instalasi yang tidak biasa. Salah satu hasil instalasinya berbentuk menyerupai jembatan di atas ladang jagung karya Ákos Juhász, Kepala Bagian Arsitektur MOME di Budapest, dan Dániel Eke dari KÖZTI. "Jembatan" ini memanfaatkan gerakan semu matahari untuk membuatnya tampak menarik. Instalasi ini dikenal dengan nama "Cornwalk".

Ada pula instalasi dengan nama "Playground". Meski tidak berbentuk tinggi menjulang, namun instalasi ini berhasil mendorong adanya interaksi antar manusia di sekitarnya. Anak-anak kecil bisa bermain di sekitarnya. Dalam sumber yang sama disebutkan, para kreator instalasi ini ingin mengeksplorasi keseimbangan antara elemen dalam satu ruang dan permainan. Mereka menggunakan elemen arsitektur sederhana, seperti garis, tiang gol, juga stik kayu.

Selama seminggu penuh, tim yang menyiapkan "Playground" tidak menghabiskan waktunya untuk membangun gedung tinggi. Mereka menginprovisasikan obyek-obyek yang tersedia untuk bermain. Mereka bahkan menemukan mainan baru.

Instalasi dengan bentuk lain yang layak disimak adalah "SPACEship", "Spikefort", dan "Forcefields". Masing-masing instalasi memiliki bentuk yang sesuai dengan namanya.

Proyek "SPACEship" dipimpin oleh András Cseh (CZITA Architects) ini mengesplorasi keseimbangan antara material berteknologi rendah dengan struktur berteknologi lebih tinggi. "SPACEship" memiliki enam "sirip" yang bisa bergerak, digubungkan dengan kabel ke bagian pusat berbentuk mangkuk. Pengguna instalasi ini yang disebut dengan "astronot" bisa mengendalikan "sirip-sirip" dengan menggerakkan mangkuk tersebut.

Sementara itu, "Spikefront" sekilas mengingatkan pada Iron Throne dalam film Game of Throne. Instalasi yang pembangunannya diketuai oleh Bence Pap (Studio Lynn) dan Oliver Sales (DOP ARCHITECTURE) ini dibangun secara khusus untuk bereaksi dengan angin.

Berbeda dari "Spikefront", "Forcefields" mengeksplorasi keseimbangan antara teknik desain hipermoderen dengan konstrukti kerajinan tangan menggunakan material tradisional.

Masih banyak hasil desain dan kreasi menarik dalam festival ini. Hasil desain lain bisa disaksikan dalam tautan ini.

 

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.