Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stop.... Urungkan Niat Renovasi, Ini Alasannya!

Kompas.com - 22/07/2014, 12:40 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Renovasi rumah memerlukan perencanaan dan pendanaan kuat. Berbagai sumber menyatakan, proses renovasi sederhana pun bisa menjadi proses yang rumit. Lantas, adakah pertimbangan lain sebelum memulai renovasi rumah?

Diungkapkan dalam Huffington Post Kanada, Andy Mattingly memaparkan pendekatan yang sederhana mengenai waktu ideal untuk melakukan renovasi. Mattingly bekerja bersama Forum Credit Union.

Secara garis besar, Mattingly mendorong Anda untuk melihat jauh ke depan. Jika tidak akan tinggal di rumah yang Anda tempati saat ini dalam waktu lama, lebih baik urungkan niat melakukan renovasi. Alasannya, belum tentu renovasi bisa meningkatkan harga rumah Anda.

"Jika Anda akan renovasi besar, namun juga berencana untuk pindah dalam dua atau tiga tahun mendatang, Anda mungkin tidak bisa menutup biayanya. Pertama-tama, Anda perlu memutuskan seberapa lama Anda akan tinggal," ujar Mattingly,

Menurut dia, Anda memastikan akan tinggal di rumah tersebut selama 5 tahun atau lebih. Kurang dari itu, biaya renovasi besar akan terlalu mahal. Anda pun belum sempat menikmati hasil jerih payah melalui proses renovasi.

www.houzz.com Anda memastikan akan tinggal di rumah tersebut selama 5 tahun atau lebih. Kurang dari itu, biaya renovasi besar akan terlalu mahal. Anda pun belum sempat menikmati hasil jerih payah melalui proses renovasi.
"Aturan yang baik sekitar lima tahun. Tinggal kurang dari lima tahun, renovasi besar seperti penambahan ruang dalam rumah, renovasi lantai bawah tanah, hal-hal ini seharusnya dilakukan jika Anda akan tinggal lebih dari lima tahun mendatang di rumah tersebut," imbuhnya.

Menurut Mattingly, Anda bisa mencetak keuntungan jika memutuskan untuk pindah rumah ketimbang melakukan renovasi. Sebagai contoh, Anda bisa mendapatkan cicilan lebih murah setiap bulannya ketimbang melakukan renovasi besar. Namun, Anda perlu jeli melihat situasi dan mencari informasi.

"Sebagai contoh, jika Anda memiliki satu-satunya rumah di lingkungan yang memiliki kolam renang, Anda bisa menawarkan rumah dengan harga lebih tinggi. Penentuan waktu bisa sangat menentukan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com