Kompas.com - 21/07/2014, 15:18 WIB
Rak terbuka cenderung memiliki sudut runcing. Sudut runcing itu menciptakan sebuah www.houzz.comRak terbuka cenderung memiliki sudut runcing. Sudut runcing itu menciptakan sebuah "sha chi" atau energi negatif pada ruangan.
EditorLatief
KOMPAS.com - Selain memudahkan pengguna dapur, rak atau storage model terbuka juga memberikan tampilan dinamis dalam dapur. Namun, apakah semua jenis rak terbuka itu baik secara fengsui?

Menurut ahli fengsui asal New York, Ann Bingley Gallops, rak terbuka cenderung memiliki sudut runcing. Sudut runcing itu menciptakan sebuah "sha chi" atau energi negatif pada ruangan.

Rak model terbuka juga relatif mengundang lebih banyak debu daripada rak tertutup. Selain itu, penataan rak terbuka akan cenderung lebih berantakan. Hal ini bertentangan dengan hukum feng shui ruangan yang baik, yaitu untuk senantiasa menjaga ruangan tetap bersih dan rapih.

Misalnya, ruang dapur terlihat apik dengan komposisi penyusunan perabot dengan color block. Namun, coba perhatikan, jika barang-barang disusun secara bertumpuk di balik barang lainnya. Penataan semacam itu membuat barang sulit digapai dan dirapihkan kembali.

www.houzz.com Tak berarti rak terbuka merupakan pilihan yang buruk. Dengan sedikit trik, rak terbuka juga bisa tetap dipakai dan nyaman secara fengsui.
Namun begitu, tak berarti rak terbuka merupakan pilihan yang buruk. Dengan sedikit trik, rak terbuka juga bisa tetap dipakai dan nyaman secara fengsui. Menurut Ann Bingley, kuncinya adalah membuat ilusi seakan rak tak terlihat tajam.

Caranya, buat rak di bawah lemari dengan dengan menjorok ke dalam, tapi tetap dapat menampung satu set peralatan dapur. Tarik barang-barang ke tepi rak untuk menciptakan efek sudut tumpul pada rak.

Sebaiknya hindari penggunaan metal untuk material rak. Kemudian, jagalah rak agar senantiasa bersih dan rapih. (Swantika Metta)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber IDEA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.