Beginilah Kira-kira, Tampilan Langit Manhattan pada 2020 Nanti!

Kompas.com - 21/07/2014, 14:15 WIB
Tampilan Manhattan setelah gedung-gedung baru pencakar langit hadir di kota tersebut. Pada foto di kiri, gedung-gedung bergaris merah merupakan gedung baru. Dari kiri ke kanan, 432 Park Ave., 111 West 57th St., 53 53rd St., One57, dan Nordstrom Tower. Gambar ini hasil rekayasa YIMBY atas citra dari Google Earth. Business Insider, courtesy of YIMBY Tampilan Manhattan setelah gedung-gedung baru pencakar langit hadir di kota tersebut. Pada foto di kiri, gedung-gedung bergaris merah merupakan gedung baru. Dari kiri ke kanan, 432 Park Ave., 111 West 57th St., 53 53rd St., One57, dan Nordstrom Tower. Gambar ini hasil rekayasa YIMBY atas citra dari Google Earth.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Manusia tidak mengenal kata "cukup". Buktinya, saat ini pusat kota Manhattan yang sudah penuh dengan gedung-gedung pencakar langit akan menambah lagi koleksinya.

Tidak hanya bertambah jumlah. Gedung-gedung yang pada 2020 sudah beroperasi itu juga memiliki ketinggian luar biasa. Gedung-gedung tersebut bisa ditemukan di area 53rd Street hingga bagian selatan Central Park.

Saat ini saja, salah satu gedung pencakar langit akan segera selesai pembangunannya. Gedung residensial yang sudah lama dinanti tersebut bernama One57. Pembangunan Ones57 menghabiskan biaya mencapai 1,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp16,2 triliun.

Selain itu, Nordston Tower juga akan rampung. Belum lagi, proses pembangunan di 111 West 57th St., 432 Park Ave., dan 53 West 53rd St. yang sudah pasti akan mengubah tampilan cakrawala New York.

"Kedatangan" gedung-gedung pencakar langit di Manhattan, New York, Amerika Serikat, tersebut juga disadari oleh Armand Boudreaux dari New York YIMBY, situs yang membahas arsitektur, konstruksi, dan real estat di New York. Boudreaux mencari penampilan cakrawala New York dari Google Earth dan menambahkan gedung-gedung baru ke dalamnya.

Empat dari lima gedung pencakar langit baru terletak di sisi barat pusat kota Manhattan. Tidak sulit menemukan gedung-gedung tersebut di antara gedung pencakar langit lainnya karena ketinggiannya. Hanya saja, beberapa pihak dilaporkan protes atas kehadiran gedung-geudng ini yang akan menutup Central Park. Namun, jika dilihat dari hasil rendereng buatan Boudreaux, tampaknya efek kehadiran gedung-gedung pencakar langit ini pada Central Park tidak terlalu besar.

Adapun Nordstrom Tower, yang menurut rencana akan rampung pada 2018, akan memiliki ketinggian hingga 541 meter, sedangkan 432 Park akan dibangun cukup tinggi dengan ketinggian sekitar 426,7 meter. Gedung ini akan rampung tahun depan, sedangkan 53 West 53rd Street "hanya" akan setinggi 320 meter.

Sementara itu, 111 West 57th akan memiliki tinggi sekitar 411,4 meter. Gedung ini akan rampung pada 2017 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.