Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik "Secepat Kilat" Bersihkan Kamar Anak!

Kompas.com - 19/07/2014, 12:34 WIB
Tabita Diela,
M Latief

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kamar bayi atau kamar anak umumnya dipenuhi oleh mainan yang berserakan di tiap sudut. Orang tua yang cermat tentu tidak akan menyalahkan anaknya begitu saja.

Tentu saja, si kecil mungkin merasa lebih aman dan nyaman jika tidur ditemani boneka-boneka pahlawan supernya. Mungkin juga, anak Anda lebih senang tidur dengan banyak selimut.

Apapun alasannya, kamar anak-anak memang berbeda dari kamar orang dewasa. Anak Anda masih membutuhkan bimbingan, pengawasan, dan bantuan untuk mengaturnya.

Karena itulah, gunakan akhir pekan kali ini untuk membereskan kamar anak Anda. Lagipula, Anda hanya membutuhkan waktu 20 menit. Berikut ini langkah demi langkah mudah yang diambil dari Real Simple.

Pertama, gunakan satu hingga dua menit untuk mengambil buku, mainan, dan krayon dari lantai kamar anak Anda. Pisahkan antara barang-barang yang perlu dibersihkan dan tidak. Kemudian, segera letakkan kembali barang yang tidak perlu dibersihkan ke tempatnya.

Kedua, pada menit ketiga hingga menit kelima, masukkan boneka-boneka kotor dalam mesin cuci. Pastikan Anda memeriksa label yang ada pada masing-masing boneka.

Label tersebut umumnya memberikan panduan cara mencuci yang tidak akan merusak boneka. Jika Anda punya mesin pencuci piring, Anda juga bisa mencuci mainan plastik dan besi berlabel dishwasher-safe di bagian paling atas rak cuci. Mencuci secara manual dengan tangan pun tidak ada salahnya.

Ketiga, pada menit keenam hingga kesembilan, lap mainan-mainan kayu milik anak Anda dengan kain lembut yang bersih. Perhatikan juga mainan-mainan kayu berukuran kecil yang digigit-gigit oleh anak Anda.

Mainan ini perlu direndam dengan sabun dan air, dibersihkan dari kuman menggunakan pemutih dan air hangat. Pastikan Anda membilasnya dengan baik. Anda bisa menggunakan pembersih berlabel ramah lingkungan yang lebih aman. Selanjutnya, pada menit kesepuluh, bersihkan debu dari permukaan kayu.

Keempat, mulai dari menit kesebelas hingga keduabelas, gunakan tisu basah anti kuman untuk membersihkan saklar lampu, remote televisi dan pendingin udara, joystick game, dan kenob pintu. Bersihkan juga kenop pintu yang ada di rumah-rumahan milik anak Anda.

Kelima, pada menit ketigabelas, gunakan Magic Eraser untuk membersihkan sisa-sisa makanan, ceplakan sidik jari, serta sisa krayon di berbagai permukaan. Namun hati-hati. Pasalnya, penggunaan produk ini di permukaan cat bisa membuat cat pudar.

Kemudian, pada menit keempat belas hingga tujuh belas, angkat mainan yang direndam pada menit keenam hingga sembilan. Keringkan mainan ini, kemudian sisihkan sebentar. Sapu kamar anak Anda, bila perlu gunakan penyedot debu.

Terakhir, taruh kembali semua mainan pada tempatnya. Cepat dan mudah, bukan? Selamat bersih-bersih!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com