Kompas.com - 12/07/2014, 15:33 WIB
EditorLatief
KOMPAS.com - Pagar besi merupakan elemen yang rentan terserang karat karena terletak di luar rumah. Agar terhindar dari kerusakan yang semakin parah, sebaiknya jangan tunda lakukan perawatan.

Munculnya karat pada pagar besi bersumber dari dua hal, yakni terjadinya reaksi oksidasi dan reaksi kimia. Tiga elemen yang memungkinkan terjadinya reaksi itu adalah air, oksigen, dan garam terlarut. Kalau sudah berkarat, kerusakan yang ditimbulkan bisa bermacam-macam, mulai dari stadium awal hingga ke tingkat yang dapat menghilangkan bahan besi itu sendiri.

Pagar besi dengan tingkat kerusakan awal masih bisa diperbaiki, tetapi bila sudah sampai tingkat hilangnya bahan besi, otomatis harus dilakukan penggantian. Maka dari itu, sebelum terlanjur rusak, ada baiknya bila Anda mencoba 3 langkah berikut untuk mencegah pagar besi di rumah Anda berkarat:

Bahan dan alat

- Cat besi yang mengandung bahan anti karat. Cat ini berfungsi sebagai cat primer sekaligus top coat atau cat finish.

- Ampelas besi

- Sikat kawat
    Kuas, sesuaikan dengan besarnya besi yang dipakai

Langkah-langkah

1. Sikat bagian logam (besi) yang berkarat, kemudian ampelas hingga bagian tersebut benar-benar bersih.

2. Bila pada permukaan besi masih ada kotoran debu dan minyak, bersihkan dengan kain lap kering.

3. Sapukan cat besi yang mengandung anti karat. Cat itu menjadi lapisan cat primer sekaligus top coat  atau cat finish.

Selain itu, cat tersebut juga tahan cuaca dan tersedia dalam berbagai pilihan warna dekoratif yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Jika tidak menggunakan cat jenis tersebut, Anda juga bisa mengaplikasikan cat dasar (cat meni) terlebih dahulu. Tunggulah sampai satu hari, setelah itu baru aplikasikan cat finish. Pagar besi di rumah akan terlihat berkilap lagi.

Selamat mencoba!

(Jones/Lidwina Maharrini)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber IDEA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.