Kompas.com - 10/07/2014, 16:00 WIB
EditorLatief
KOMPAS.com - Ingin menambahkan gazebo, sebagai tempat bersantai di taman rumah Anda? Jangan lupa! Anda tak boleh menyepelekan pemilihan material yang akan digunakan. Apalagi, ruang kecil ini akan terus diterpa oleh drastisnya perubahan cuaca.

Sebenarnya, banyak bahan yang dapat Anda pakai, seperti bambu, besi, kaca, atau batu. Namun, kebanyakan gazebo biasanya dirancang menggunakan kayu, yang terkenal dengan kehangatannya.

Sebelum membangunnya, cek dulu kayu apa saja yang bisa Anda pakai untuk gazebo. Simak berikut ini:

1. Kayu Jati

Batang besar, lurus, dan dapat tumbuh setinggi 30m – 40m, merupakan karakter pohon jati. Bisa dipastikan, jika Anda menggunakan jenis kayu ini, gazebo di rumah Anda akan kuat dan tahan lama.

Tak hanya itu, kayu jati pun tahan akan api, panas, dan air sehingga cocok digunakan untuk gazebo taman yang sering terpapar perubahan cuaca. Namun, sayangnya, Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli material ini, karena harganya sangat mahal.

www.houzz.com Keras, kuat, stabil dan tahan lama, merupakan beberapa kelebihan kayu ini. Merbau pun telah terbukti tahan terhadap serangga, serta kualitasnya sudah sebaik kayu jati. Tak heran, kayu ini cocok dipakai di daerah tropis, seperti rumah-rumah di Indonesia.
2. Kayu kelapa

Kayu ini juga bisa digunakan sebagai bahan gazebo di rumah Anda. Tak kalah dengan kayu jati, kayu ini pun memiliki banyak kelebihan yang mampu menjanjikan mutu gazebo yang baik, seperti kuat, mudah dijangkau, tahan panas dan air.

Namun, dari segi kualitas, kayu yang berserat garis-garis pendek ini masih berada di bawah kayu jati.

3. Kayu trembesi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.