Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Rentovating", Solusi Desain Temporer

Kompas.com - 05/07/2014, 08:57 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber
KOMPAS.com - Pengguna hunian sewa bisa memiliki rumah yang sesuai dengan keinginannya tanpa perlu mengubah interior rumah secara permanen. Hal ini dituangkan desainer Kyle Schuneman dalam bukunya, "The First Apartment Book: Cool Design for Small Spaces".

Sang desainer bahkan menyebut caranya mengubah interior dengan sebutan baru, "rentovating", perpaduan antara "rent" (sewa) dan "renovating" (renovasi).

"Saya menyebutnya dengan rentovating, artinya menciptakan solusi desain non-permanen yang membuat hunian sewa pad dengan cara hidup Anda," ujar Schuneman.

Schuneman kemudian memberikan lima bukti, hasil kerjanya selama ini "mendandani" apartemen di seluruh Amerika Serikat. Sang desainer berhasil menggunakan solusi-solusi sederhana, temporer, namun tampak istimewa. Berikut ini contohnya.

Pertama, Schuneman mempercantik sebuah apartemen yang memiliki perapian tua. Perapian ini sudah tidak lagi bisa digunakan. Namun, alih-alih membobok perapian tersebut, Schuneman mengecatnya dengan warna putih bersih, serta menambahkan kertas dinding temporer di belakangnya. Kemudian, Schuneman mengisi lubang perapian dengan buku-buku. Perapian menjadi "rak buku" istimewa.

Kedua, Schuneman mengubah tampilan apartemen berkonsep ruang terbuka dengan cara memasukkan lampu gantung istimewa di tengah-tengahnya. Dia bahkan membuat sendiri lampu tersebut dari rangka matras dan lampu hias.

"Pencahayaan merupakan bagian integral dalam desain, dan bisa menjadi cara yang luar biasa untuk menegaskan ruang makan," ujar sang desainer.

Ketiga, Schuneman melapisi jendela dengan beberapa bahan untuk membuat jendela tersebut dan seluruh ruangan tampak mewah. Menurutnya, banyak penyewa rumah yang enggan melakukan hal ini. Padahal, membuat sendiri penutup jendela juga tidak terlalu mahal.

Keempat, Anda bisa memasukkan berbagai warna dan corak lewat dekorasi temporer. Sebagai contoh, Anda bisa menempatkan headboard penuh warna di kamar tidur. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan stiker khusus keramik di kamar mandi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com