Kompas.com - 05/07/2014, 08:57 WIB
Tinggal di dalam apartemen sewa, kos-kosan, atau rumah kontrakan yang melarang Anda mengubah tampilan interior secara permanen sebenarnya bukan masalah. Anda tetap bisa membuatnya memancarkan kepribadian Anda dengan melakukan beberapa langkah sederhana. desainer interior dan dekorator yang sering menangani ruang-ruang berukuran kecil, Kyle Schuneman, akan membagi caranya untuk Anda. Joe SchmelzerTinggal di dalam apartemen sewa, kos-kosan, atau rumah kontrakan yang melarang Anda mengubah tampilan interior secara permanen sebenarnya bukan masalah. Anda tetap bisa membuatnya memancarkan kepribadian Anda dengan melakukan beberapa langkah sederhana. desainer interior dan dekorator yang sering menangani ruang-ruang berukuran kecil, Kyle Schuneman, akan membagi caranya untuk Anda.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Pengguna hunian sewa bisa memiliki rumah yang sesuai dengan keinginannya tanpa perlu mengubah interior rumah secara permanen. Hal ini dituangkan desainer Kyle Schuneman dalam bukunya, "The First Apartment Book: Cool Design for Small Spaces".

Sang desainer bahkan menyebut caranya mengubah interior dengan sebutan baru, "rentovating", perpaduan antara "rent" (sewa) dan "renovating" (renovasi).

"Saya menyebutnya dengan rentovating, artinya menciptakan solusi desain non-permanen yang membuat hunian sewa pad dengan cara hidup Anda," ujar Schuneman.

Schuneman kemudian memberikan lima bukti, hasil kerjanya selama ini "mendandani" apartemen di seluruh Amerika Serikat. Sang desainer berhasil menggunakan solusi-solusi sederhana, temporer, namun tampak istimewa. Berikut ini contohnya.

Pertama, Schuneman mempercantik sebuah apartemen yang memiliki perapian tua. Perapian ini sudah tidak lagi bisa digunakan. Namun, alih-alih membobok perapian tersebut, Schuneman mengecatnya dengan warna putih bersih, serta menambahkan kertas dinding temporer di belakangnya. Kemudian, Schuneman mengisi lubang perapian dengan buku-buku. Perapian menjadi "rak buku" istimewa.

Kedua, Schuneman mengubah tampilan apartemen berkonsep ruang terbuka dengan cara memasukkan lampu gantung istimewa di tengah-tengahnya. Dia bahkan membuat sendiri lampu tersebut dari rangka matras dan lampu hias.

"Pencahayaan merupakan bagian integral dalam desain, dan bisa menjadi cara yang luar biasa untuk menegaskan ruang makan," ujar sang desainer.

Ketiga, Schuneman melapisi jendela dengan beberapa bahan untuk membuat jendela tersebut dan seluruh ruangan tampak mewah. Menurutnya, banyak penyewa rumah yang enggan melakukan hal ini. Padahal, membuat sendiri penutup jendela juga tidak terlalu mahal.

Keempat, Anda bisa memasukkan berbagai warna dan corak lewat dekorasi temporer. Sebagai contoh, Anda bisa menempatkan headboard penuh warna di kamar tidur. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan stiker khusus keramik di kamar mandi.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.