Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah 163.274 Rumah Berada dalam Bahaya!

Kompas.com - 04/07/2014, 08:04 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Badai Arthur yang menerjang wilayah Pantai Atlantik Amerika Serikat berpotensi menimbulkan kerusakan ratusan ribu rumah dengan nilai rekonstruksi triliunan rupiah.

Laporan CoreLogic menyebutkan, di jalur bencana, badai Arthur diproyeksikan akan melewati Carolina dan sepanjang Pantai Timur AS.

Ilmuwan senior CoreLogic Spatial Solutions, Tom Jeffery, menyayangkan bahwa badai resmi pertama musim ini yang terjadi pada saat liburan akhir pekan. Namun begitu, ia menyarankan masyarakat untuk tetap waspada dan memperhatikan peringatan pemerintah.

Meskipun "Arthur" diklasifikasikan sebagai badai Kategori 1, angin kencang, hujan deras dan kerusakan yang disebabkan oleh gelombang badai mungkin jauh lebih besar efeknya di New England dan bahkan Kanada.

Data menunjukkan total hunian yang berpotensi luluh lantak akibat badai ini mencapai 163.274 unit dengan perkiraan nilai rekonstruksi menembus angka Rp 441 triliun. Seluruh jumlah rumah tersebut berada di area yang saat ini dikenal sebagai "kerucut ketidakpastian" dan berisiko hancur terkena gelombang badai.

Analisis CoreLogic mengukur paparan kerusakan hanya dari gelombang badai, tidak termasuk potensi kerusakan dari angin dan hujan yang berhubungan dengan badai.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com