Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Daiwa", Pusat Penelitian Berbalut Kayu

Kompas.com - 02/07/2014, 11:56 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Dibangun sebagai bagian dari kampus University of Tokyo, Jepang, firma arsitektur Kengo Kuma and Associates baru saja menyelesaikan 'Daiwa', sebuah gedung penelitian komputasi. Tak tampak seperti ruang penelitian yang selalu terlihat canggih, gedung ini justeru tampil unik dan menarik dengan dominasi kayu.

Memang, bukannya material keras yang menjadi kekuatan arsitektur ini. Desainnya menggabungkan unsur-unsur alami dalam rangka menyajikan fasad depan yang halus dan benar-benar organik.

www.designboom.com Tak tampak seperti ruang penelitian yang selalu terlihat canggih, gedung ini justeru tampil unik dan menarik dengan dominasi kayu.
Fasilitas di dalamnya terdiri dari galeri dan ruang kuliah yang bersisian dengan tempat rekreasi indoor dan outdoor. Skema tersebut ditandai dengan fasad berlapis dengan serangkaian panel terdiri dari bilah-bilah kayu.

Ketinggian gedung dibuat berirama pada berbagai titik dengan menempatkan kaca yang memungkinkan cahaya alami masuk dengan sempurna. Pada lantai dasar, sebuah ruangan dibuat sebagai koneksi antara pintu masuk dan taman di bagian belakang gedung yang merupakan bagian dari area guest house milik pimpinan kampus. Rancangan taman terbuka itu ternyata menghasilkan aliran lembut cahaya dan angin ke dalam kampus.

www.designboom.com Fasilitas di dalamnya terdiri dari galeri dan ruang kuliah yang bersisian dengan tempat rekreasi indoor dan outdoor. Skema tersebut ditandai dengan fasad berlapis dengan serangkaian panel terdiri dari bilah-bilah kayu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com