Kompas.com - 02/07/2014, 11:56 WIB
Desainnya menggabungkan unsur-unsur alami dalam rangka menyajikan fasad depan yang halus dan benar-benar organik www.designboom.comDesainnya menggabungkan unsur-unsur alami dalam rangka menyajikan fasad depan yang halus dan benar-benar organik
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Dibangun sebagai bagian dari kampus University of Tokyo, Jepang, firma arsitektur Kengo Kuma and Associates baru saja menyelesaikan 'Daiwa', sebuah gedung penelitian komputasi. Tak tampak seperti ruang penelitian yang selalu terlihat canggih, gedung ini justeru tampil unik dan menarik dengan dominasi kayu.

Memang, bukannya material keras yang menjadi kekuatan arsitektur ini. Desainnya menggabungkan unsur-unsur alami dalam rangka menyajikan fasad depan yang halus dan benar-benar organik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

www.designboom.com Tak tampak seperti ruang penelitian yang selalu terlihat canggih, gedung ini justeru tampil unik dan menarik dengan dominasi kayu.
Fasilitas di dalamnya terdiri dari galeri dan ruang kuliah yang bersisian dengan tempat rekreasi indoor dan outdoor. Skema tersebut ditandai dengan fasad berlapis dengan serangkaian panel terdiri dari bilah-bilah kayu.

Ketinggian gedung dibuat berirama pada berbagai titik dengan menempatkan kaca yang memungkinkan cahaya alami masuk dengan sempurna. Pada lantai dasar, sebuah ruangan dibuat sebagai koneksi antara pintu masuk dan taman di bagian belakang gedung yang merupakan bagian dari area guest house milik pimpinan kampus. Rancangan taman terbuka itu ternyata menghasilkan aliran lembut cahaya dan angin ke dalam kampus.

www.designboom.com Fasilitas di dalamnya terdiri dari galeri dan ruang kuliah yang bersisian dengan tempat rekreasi indoor dan outdoor. Skema tersebut ditandai dengan fasad berlapis dengan serangkaian panel terdiri dari bilah-bilah kayu.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.