Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi... China Siapkan Sepasang Menara Tertinggi di Dunia!

Kompas.com - 01/07/2014, 12:09 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan arsitektur asal Inggris, Chetwoods, telah mengusulkan desain terpenting bagi Kota Wuhan, China, yaitu sepasang menara pencakar langit berketinggian 1.000 meter. Ini akan jadi salah satu menara tertinggi di dunia.

Diberi nama Menara Phoenix, gedung tersebut berada di lahan seluas 47 hektar, dan masuk dalam masterplan kawasan kota itu. Rencananya, masing-masing menara itu memiliki karakteristik tersendiri. Untuk 'Feng Tower' misalnya, akan condong ke arah zona komersial, sementara 'Huang Tower' hanya berorientasi pada pelestarian budaya dan rekreasi masyarakat kota.

Menggabungkan fitur teknologi canggih, desain Chetwoods pada proyek ini merespon keinginan untuk gaya arsitektur yang benar-benar mencerminkan identitas China. Maklum, menara ini akan dijadikan katalis untuk wilayah tersebut dan akan menggiatkan kota yang menghubungkan Danau Wuhan dengan kawasan lainnya yang lebih hijau dan luas.

www.designboom.com Sejumlah kebijakan yang berkelanjutan telah digunakan untuk proyek ini, termasuk pemakaian cladding ringan fotovoltaik, cerobong termal, taman melayang, turbin angin, instalasi air daur ulang dan sampah daur ulang melalui boiler biomassa, serta sel bahan bakar hidrogen di permukaan tanah.
Berdasarkan perspektif lingkungan, sejumlah kebijakan yang berkelanjutan telah digunakan untuk proyek ini, termasuk pemakaian cladding ringan fotovoltaik, cerobong termal, taman melayang, turbin angin, instalasi air daur ulang dan sampah daur ulang melalui boiler biomassa, serta sel bahan bakar hidrogen di permukaan tanah. Menara ini juga akan menghasilkan kebutuhan daya mereka sendiri sekaligus memberikan kontribusi energi untuk daerah sekitarnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com