Kompas.com - 01/07/2014, 12:09 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Perusahaan arsitektur asal Inggris, Chetwoods, telah mengusulkan desain terpenting bagi Kota Wuhan, China, yaitu sepasang menara pencakar langit berketinggian 1.000 meter. Ini akan jadi salah satu menara tertinggi di dunia.

Diberi nama Menara Phoenix, gedung tersebut berada di lahan seluas 47 hektar, dan masuk dalam masterplan kawasan kota itu. Rencananya, masing-masing menara itu memiliki karakteristik tersendiri. Untuk 'Feng Tower' misalnya, akan condong ke arah zona komersial, sementara 'Huang Tower' hanya berorientasi pada pelestarian budaya dan rekreasi masyarakat kota.

Menggabungkan fitur teknologi canggih, desain Chetwoods pada proyek ini merespon keinginan untuk gaya arsitektur yang benar-benar mencerminkan identitas China. Maklum, menara ini akan dijadikan katalis untuk wilayah tersebut dan akan menggiatkan kota yang menghubungkan Danau Wuhan dengan kawasan lainnya yang lebih hijau dan luas.

www.designboom.com Sejumlah kebijakan yang berkelanjutan telah digunakan untuk proyek ini, termasuk pemakaian cladding ringan fotovoltaik, cerobong termal, taman melayang, turbin angin, instalasi air daur ulang dan sampah daur ulang melalui boiler biomassa, serta sel bahan bakar hidrogen di permukaan tanah.
Berdasarkan perspektif lingkungan, sejumlah kebijakan yang berkelanjutan telah digunakan untuk proyek ini, termasuk pemakaian cladding ringan fotovoltaik, cerobong termal, taman melayang, turbin angin, instalasi air daur ulang dan sampah daur ulang melalui boiler biomassa, serta sel bahan bakar hidrogen di permukaan tanah. Menara ini juga akan menghasilkan kebutuhan daya mereka sendiri sekaligus memberikan kontribusi energi untuk daerah sekitarnya.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.