Kompas.com - 30/06/2014, 12:01 WIB
Tangga spiral digunakan untuk menghubungkan properti berlantai dua. Di lantai dasar, para arsitek membuat konsep ruang terbuka (open plan). www.designboom.comTangga spiral digunakan untuk menghubungkan properti berlantai dua. Di lantai dasar, para arsitek membuat konsep ruang terbuka (open plan).
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Di Sapporo, Jepang, firma arsitektur lokal M+O baru saja menuntaskan sebuah proyek barunya, 'Alice House'. Sebuah properti di sebidang lahan seluas 175 meter persegi itu tampil menarik kendati berada di kawasan perumahan kota tua.

Dikelilingi oleh rumah-rumah berantakan dan sepi, tantangan utama bagi arsitek M+O adalah membawa sebanyak mungkin cahaya siang ke dalam rumah. Di sisi lain, para arsitek harus mendapatkan pandangan yang menyenangkan ke luar rumah.

www.designboom.com Dikelilingi oleh rumah-rumah berantakan dan sepi, tantangan utama bagi arsitek M O adalah membawa sebanyak mungkin cahaya siang ke dalam rumah. Di sisi lain, para arsitek harus mendapatkan pandangan yang menyenangkan ke luar rumah.
Solusinya adalah menempatkan volume internal yang saling bersisian dan menghubungkan pada sudut timur dan barat. Para arsitek juga merancang halaman di luar yang penuh bunga, sayuran, pohon-pohon dan semak-semak.

Di bagian dalam, para arsitek cukup hati-hati membuat posisi jendela. Mereka harus memastikan bahwa properti tersebut menyala terang di seluruh ruangannya, dan tentu hanya dengan memanfaatkan tangga spiral yang menghubungkan rumah bertingkat dua itu.

www.designboom.com Di bagian dalam, para arsitek cukup hati-hati membuat posisi jendela. Mereka harus memastikan bahwa properti tersebut menyala terang di seluruh ruangannya, dan tentu hanya dengan memanfaatkan tangga spiral yang menghubungkan rumah bertingkat dua itu.
Kesimpulannya, ada tiga hal dilakukan M+O untuk melalui semua tantangannya itu. Pertama, tangga spiral itu digunakan untuk menghubungkan properti berlantai dua. Di lantai dasar, para arsitek membuat konsep ruang terbuka (open plan). Sementara itu, mereka tetap hati-hati menempatkan posisi jendela karena untuk memastikan bahwa setiap ruangan di rumah itu senantiasa terang.

www.designboom.com Di lantai dasar, para arsitek membuat konsep ruang terbuka (open plan).
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.