Asyik... Lampu Ini Bisa Menampilkan Cuaca dan Status Facebook!

Kompas.com - 29/06/2014, 15:20 WIB
Peneliti asal Italia mengembangkan lampu yang bisa memberikan tampilan langit di luar ruangan. Lampu-lampu bernama Patch of Sky ini terhubung dengan internet dan mengumpulkan data dari lokasi Facebook penggunanya. Patchofsky.infoPeneliti asal Italia mengembangkan lampu yang bisa memberikan tampilan langit di luar ruangan. Lampu-lampu bernama Patch of Sky ini terhubung dengan internet dan mengumpulkan data dari lokasi Facebook penggunanya.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Sekelompok peneliti asal Italia tengah mengembangkan lampu istimewa yang tidak hanya bisa membuat ruangan lebih terang, namun juga mampu menunjukkan cuaca di luar ruangan. Bahkan, lampu ini bisa memberi tahu "status" rekan Facebook penggunanya.

Sayangnya, lampu yang tersedia dalam tiga bentuk tersebut saat ini masih dikembangkan dan belum dijual bebas. Lampu bernama "Patch of Sky" itu dikembangkan oleh Leonardo Amico, Federico Floriani, Reda Jouari, Alice Longo, Akshataa Vishwanath, dan Giorgia Zanellato.

Para peneliti tersebut merupakan anggota studio peneliti, Fabrica. Mereka mengembangkan "Patch of Sky" itu ke dalam tiga jenis. Masing-masing diberi nama dari dewa-dewi Mesir, seperti Dewa Angin Amun, Dewa Badai Set, dan Dewi Hujan Tefnut.

http://www.fastcodesign.com
Lampu dengan nama Amun berbentuk setengah lingkaran, Set berbentuk lingkaran dengan garis horizontal, sementara Tefnut memiliki garis vertikal. Setiap lampu menggunakan Arduino, papan kontrol mikro open-source yang rendah biaya.

Selain Arduino, tiap lampu juga memanfaatkan peranti keras dan lunak BERGCloud hingga membuat lampu bisa terhubung ke internet. Selain terhubung, lampu kemudian bisa memanfaatkan informasi cuaca dan lokasi dalam laman Facebook penggunanya.

Informasi dari laman Facebook memungkinkan lampu menampilkan tampilan berbeda ketika terjadi hujan salju, kabut, cerah, gerimis, dan panas. Kaca pada lampu juga bisa disetel hingga menampilkan warna-warni yang terus berganti.

Sayangnya, seperti dikutip Fastcodesign dan laman resmi "Patch of Sky", saat ini lampu-lampu tersebut masih berada dalam tahap pengembangan. Sembari menunggu produknya diluncurkan ke pasaran, berikut ini video yang menampilkan lampu "Patch of Sky".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sumber: http://www.fastcodesign.com



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X