Kompas.com - 16/06/2014, 13:34 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
BANDUNG, KOMPAS.com - Acara puncak dalam rangkaian "roadshow" kompetisi karya tulis, arsitektur dan konstruksi Indocement Awards 2014 diadakan serentak di tiga lokasi, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro Semarang dan Politeknik Negeri Bandung. Ketiga acara memiliki tema yang sama, yaitu "Dedikasi untuk Bagusnya Indonesia".

Khusus untuk acara di Bandung, seminar merupakan hasil kerjasama antara PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk., Politeknik Negeri Bandung, dan Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Politeknik Negeri Bandung. Acara ini pun mendapat sambutan antusias dari mahasiswa.

 
Pembicara yang hadir di Politeknik Negeri Bandung, Sabtu (14/6/2014)  lalu terdiri dari Ir. Hadjar Seti Adji M.Eng. Sc. dari PT PP, Dr. Ir.  Arief Sabbarudin, CES dari Puslitbang PU, dan mitra binaan Indocement, Kuswaya. 
 
Arief Sabbarudin mengemukakan pendapatnya mengenai rumah prefabrikasi untuk Indonesia yang lebih baik, Hadjar Seti Adji membicarakan mengenai pengembangan perusahaannya, lengkap dengan usaha mencapai profit, keramahan lingkungan, dan sumber daya manusianya, serta Kuswaya berbicara mengenai pengelolaan sampah. Ketiga pokok bahasan tersebut begitu menarik atensi mahasiswa.
 
"Antusiasme mereka sangat bangus. Dari tahun ke tahun animo mereka cukup meningkat. Bahkan, beberapa di antaranya dari Polban itu ada yang mendapat penghargaan dari ajang kompetisi Indocement Award ini. Jadi mungkin, kegiatan semacam ini itu perlu ditingkatkan dan ke depan kita upayakan supaya lebih banyak lagi menarik perguruan tinggi lain di bidang (teknik) sipil ini untuk juga datang ke Polban," ujar Asisten Direktur Kemahasiswaan Politeknik Negeri Bandung Bambang Wisnuadhi.
 
Hanya, Bambang memberikan catatan agar acara semacam ini punya persiapan yang lebih baik. Dia mengeluhkan bahwa pihaknya baru mendapat konfirmasi acara ini seminggu hingga dua minggu sebelumnya. 
 
Perwakilan dari mahasiswa, Ketua Panitia seminar Indocement di Politeknik Negeri Bandung, Ahsyaf, mengungkapkan, peserta "roadshow" tahun ini mengalami peningkatan. "Jadi, saya berharap tahun depan bisa ada lagi dan bisa meningkat lagi. Kami tergugah dengan materi seminar dan sangat menginspiras," katanya.

Dia berharap, acara semacam ini bisa meningkatkan kualitas mahasiswa, khususnya di bidang teknik sipil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.