Jangan Iri... Begini Trik Membuat Rumah Sejuk Alami!

Kompas.com - 14/06/2014, 12:21 WIB
Hasil karya desainer interior Kelly Wearstler memang mewah dan tampak segar dengan jendela-jendela besar. Tanpa desainer profesional dan perlengkapan mewah pun rumah Anda bisa terasa segar dan lebih dingin, meski tanpa pendingin ruangan. The AgencyHasil karya desainer interior Kelly Wearstler memang mewah dan tampak segar dengan jendela-jendela besar. Tanpa desainer profesional dan perlengkapan mewah pun rumah Anda bisa terasa segar dan lebih dingin, meski tanpa pendingin ruangan.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Ternyata, meski udara di luar ruangan sangat panas, tidak mustahil bagi Anda bisa menjaga rumah tetap sejuk. Seperti dikutip Boldsky, pendingin udara (AC) bisa memberikan akibat negatif pada tubuh Anda. Karena itu, cobalah beberapa langkah mudah dan terjangkau berikut ini:

Pertama, sebelum beranjak keluar rumah, pastikan Anda menutup rumah rapat-rapat. Usahakan sinar matahari tidak masuk ke dalam rumah.

Hindari membuka jendela dan membiarkan panas serta kelembaban masuk dalam rumah. Sementara itu, pastikan juga udara berputar di dalam rumah Anda pada waktu malam. Jangan lupa memeriksa ventilasi udara Anda.

Boldsky menyatakan, menutup jendela dengan gorden atau dengan krepyak bambu bisa mengurangi panas sekitar 60 sampai 80 persen. Rumah pun terasa lebih sejuk.

Kedua, gunakan gorden dan penutup jendela lainnya berwarna putih. Tidak ada salahnya juga menggunakan penutup berwarna perak, seperti yang digunakan pada penutup kaca jendela mobil. Gorden berwarna putih akan memantulkan sinar matahari.

Ketiga, cobalah mulai menempatkan tanaman di dalam rumah. Pada siang hari, tanaman menghasilkan oksigen yang membuat interior rumah Anda terasa lebih sejuk dan segar secara alami.

Keempat, basahi atap rumah Anda di sore hari, ketika matahari hampir terbenam. Hal ini membantu rumah Anda terasa sejuk.

Terakhir, jangan lupa juga mematikan lampu-lampu yang tidak Anda gunakan. Lampu, terutama lampu pijar, pun menghasilkan panas yang bisa menambah ketidaknyamanan Anda di rumah.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Boldsky
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.