Kompas.com - 13/05/2014, 14:00 WIB
EditorLatief
KOMPAS.com - Pada kondisi belum digunakan atau malah sudah tidak lagi terpakai, Anda bisa memanfaatkan ruang ini untuk kebutuhan lain. Bahkan, garasi bisa menjadi tambahan penghasilan keluarga Anda. Tak perlu gengsi, simak ide-ide berbisnis memanfaatkan ruangan ini:

1. Online shop

Online Shop atau toko online adalah jenis bisnis yang hanya membutuhkan sedikit modal.  Anda tak perlu menyewa ruko atau membayar tagihan listrik, karena yang Anda butuhkan cukup menata komputer atau laptop di garasi dan memaksimalkan penerangan di dalamnya.

2. Jasa Pengiriman Barang

Jasa pengiriman barang merupakan salah satu bisnis yang berkembang seiring makin berjamurnya online shop. Tak heran, keduanya berjalan beriringan karena barang dagangan otomatis harus dikirimkan melalui bisnis jasa ini.

www.shutterstock.com Pada kondisi belum digunakan atau malah sudah tidak lagi terpakai, Anda bisa memanfaatkan ruang ini untuk kebutuhan lain. Bahkan, garasi bisa menjadi tambahan penghasilan keluarga Anda.
3. Bisnis Makanan Ringan

Bagi Anda yang memiliki keahlian membuat kue, atau sekedar makanan ringan seperti keripik dan kue kering, tak ada tempat lebih baik untuk berjualan selain di garasi rumah Anda sendiri.  Dijamin akses tetangga untuk merasakan kelezatan kue buatan Anda akan semakin mudah.

4. Laundry

Tanpa disebutkan, sebenarnya Anda telah banyak melihat bisnis laundry yang kini bertebaran di komplek-komplek perumahan. Hanya bermodalkan mesin pencuci otomatis dan menerapkan pelayanan memuaskan, pelanggan yang datang pasti berduyun-duyun.

www.shutterstock.com Selain kelima ide bisnis di atas, tentu masih banyak kegiatan lain yang dapat Anda lakukan di garasi demi menghasilkan uang, mulai tempat penyewaan buku, kafe kecil, distro, hingga salon kecantikan.
5. Salon motor

Selain memang tempat memarkir motor, tetapi apa salahnya jika motor orang lain ikut merasakan perlakuan istimewa di garasi rumah Anda? Motor dengan ukuran lebih kecil dari mobil memungkinkan Anda leluasa memberi perawatan di garasi.

Selain kelima ide bisnis di atas, tentu masih banyak kegiatan lain yang dapat Anda lakukan di garasi demi menghasilkan uang, mulai tempat penyewaan buku, kafe kecil, distro, hingga salon kecantikan. Nah, kenapa tidak dari sekarang saja memaksimalkan garasi rumah Anda (Kasihan... Nasib Garasi Banyak Berakhir sebagai Gudang)?

Sumber: www.kizzio.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber IDEA

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.