Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepuluh Trik Dekor yang Perlu Anda Coba

Kompas.com - 13/05/2014, 07:00 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Casa Sugar

KOMPAS.com - Mengubah susunan furnitur di dalam rumah, mengganti gorden, atau bahkan sekadar mengganti warna lampu bisa membuat interior rumah terasa berbeda. Anda tidak perlu membeli pajangan berbentuk unik untuk membuat interior rumah lebih menarik. Coba saja beberapa cara sederhana berikut ini untuk membuat tampilan interior rumah lebih segar.

Pertama, biarkan interior rumah Anda terkesan "belum selesai". Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, misalnya mengecat sebagian dinding ruangan, mewarnai sebagian furnitur, atau memberikan aksen garis hanya pada sebagian dinding.

Kedua, Anda bisa membuat sendiri tiruan barang mahal untuk mendekor interior rumah. Anda bisa melapisi permukaan meja kopi dengan kertas dinding bergambar corak marmer. Cara lain, Anda juga bisa mewarnai bagian kaki kursi kantor dengan warna emas.

Ketiga, atur buku Anda secara horizontal. Meski tampak sederhana, namun cara ini bisa membuat interior tampak menarik dan berbeda. Cara ini pun mudah dan bebas biaya.

Keempat, ubah susunan foto-foto atau gambar di dinding. Anda bisa membuat pola vertikal, melingkar, atau apa pun yang diinginkan.

Kelima, gantung lukisan dengan kabel. Cara ini tidak hanya berbeda dari kebiasaan Anda. Cara ini pun memberikan ilusi dan membuat ruangan terasa lebih "ringan".

Keenam, kurangi bantal di ruang tamu, namun buat bantal yang tersisa menarik perhatian. Gunakan bantal panjang, atau dua bantal berukuran normal dengan corak terang dan tegas.

Ketujuh, ubah pengaturan interior dengan menempatkan meja kerja menghadap jendela. Usahakan meja kerja tidak terlalu banyak menutupi jendela. Cara ini membuat Anda masih bisa menikmati pemandangan dan sinar matahari.

Kedelapan, campurkan berbagai gaya furnitur. Cobalah memadukan sofa "berkaki" dan sofa "tanpa kaki". Memadukan dua gaya ini bisa memberikan nuansa ekletik istimewa.

Cara kesembilan, buat kamar tidur lebih menarik dengan cara menempatkan headboard (papan di bagian kepala tempat tidur) unik. Anda bisa menggunakan hal-hal yang tidak biasa, seperti rangka jendela.

Terakhir, buat rumah Anda terasa lebih tinggi dengan cara menempatkan foto atau lukisan di atas pintu atau rak. "Menggiring" mata ke atas membuat ruangan tampak lebih besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com