Kompas.com - 13/05/2014, 07:00 WIB
Mendekor rumah yang unik tidak butuh biaya banyak. Berpikir DominoMendekor rumah yang unik tidak butuh biaya banyak. Berpikir "outside the box" dan menyesuaikan kebutuhan pemilik rumah jauh lebih efektif ketimbang membeli barang dekor unik.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Mengubah susunan furnitur di dalam rumah, mengganti gorden, atau bahkan sekadar mengganti warna lampu bisa membuat interior rumah terasa berbeda. Anda tidak perlu membeli pajangan berbentuk unik untuk membuat interior rumah lebih menarik. Coba saja beberapa cara sederhana berikut ini untuk membuat tampilan interior rumah lebih segar.

Pertama, biarkan interior rumah Anda terkesan "belum selesai". Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, misalnya mengecat sebagian dinding ruangan, mewarnai sebagian furnitur, atau memberikan aksen garis hanya pada sebagian dinding.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua, Anda bisa membuat sendiri tiruan barang mahal untuk mendekor interior rumah. Anda bisa melapisi permukaan meja kopi dengan kertas dinding bergambar corak marmer. Cara lain, Anda juga bisa mewarnai bagian kaki kursi kantor dengan warna emas.

Ketiga, atur buku Anda secara horizontal. Meski tampak sederhana, namun cara ini bisa membuat interior tampak menarik dan berbeda. Cara ini pun mudah dan bebas biaya.

Keempat, ubah susunan foto-foto atau gambar di dinding. Anda bisa membuat pola vertikal, melingkar, atau apa pun yang diinginkan.

Kelima, gantung lukisan dengan kabel. Cara ini tidak hanya berbeda dari kebiasaan Anda. Cara ini pun memberikan ilusi dan membuat ruangan terasa lebih "ringan".

Keenam, kurangi bantal di ruang tamu, namun buat bantal yang tersisa menarik perhatian. Gunakan bantal panjang, atau dua bantal berukuran normal dengan corak terang dan tegas.

Ketujuh, ubah pengaturan interior dengan menempatkan meja kerja menghadap jendela. Usahakan meja kerja tidak terlalu banyak menutupi jendela. Cara ini membuat Anda masih bisa menikmati pemandangan dan sinar matahari.

Kedelapan, campurkan berbagai gaya furnitur. Cobalah memadukan sofa "berkaki" dan sofa "tanpa kaki". Memadukan dua gaya ini bisa memberikan nuansa ekletik istimewa.

Cara kesembilan, buat kamar tidur lebih menarik dengan cara menempatkan headboard (papan di bagian kepala tempat tidur) unik. Anda bisa menggunakan hal-hal yang tidak biasa, seperti rangka jendela.

Terakhir, buat rumah Anda terasa lebih tinggi dengan cara menempatkan foto atau lukisan di atas pintu atau rak. "Menggiring" mata ke atas membuat ruangan tampak lebih besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Casa Sugar
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.