Terungkap... Pembangunan Kantor Futuristik Apple Berjalan Cepat!

Kompas.com - 09/05/2014, 11:56 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Apakah itu foto pesawat ruang angkasa yang baru saja mendarat? Bukan, itu adalah gambar "kampus" atau kantor pusat terbaru Apple yang baru saja terungkap di Apple Toolbox!

"Foto-foto itu menunjukkan bahwa pembangunan telah berjalan dengan cepat," kata situs tersebut.

Tentu saja, gambar kantor pusat Apple di Cupertino itu hanya mengungkapkan satu bagian dari sebuah cerita utuh yang dimulai pada 2011, yaitu ketika pendiri Apple, Steve Jobs, merancang rencana untuk membangun kampus futuristik itu. "Kampus" tersebut nantinya menjadi bangunan melingkar hingga satu mil, dengan fitur dinding kaca, dan panel surya hingga mencakup luas 175 hektar.

www.dailymail.co.uk Ini adalah adalah gambar
Pada sebuah wawancara dengan Architectural Record, kepala arsitek proyek ini, Norman Foster, baru-baru ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana "pesawat ruang angkasa" Apple itu akan dibangun, serta inspirasi di balik desain melingkar itu. Wawasan itu, termasuk juga bagaimana mobil-mobil akan "dibuang" ke lapangan parkir bawah tanah, aspal tergantikan oleh tanaman hijau, serta jendela-jendela tinggi menjulang.

Foster juga mengungkapkan, bahwa akan ada ruang parkir khusus untuk 1.000 sepeda karyawan. Namun, ia mengaku tetap punya trik untuk membuat "kampus raksasa" tersebut tampil solid.

"Sungguh menarik melihat bagaimana semua itu berevolusi," jelas Foster.

www.dailymail.co.uk Foster juga mengungkapkan, bahwa akan ada ruang parkir khusus untuk 1.000 sepeda karyawan. Namun, ia mengaku tetap punya trik untuk membuat
Foster mengatakan, bahwa ia ingin menambahkan rangkaian 'segmen organik' ke gedung Cupertino, -- dijuluki angkasa Apple lantaran berbentuk lingkaran luas meliputi 175 hektar, itu dan membuat hutan buatan dengan lebih dari 7.000 pohon. Dia juga ingin agar bangunan itu melingkar mengelilingi sebuah ruang pribadi di tengah, yang dirancang untuk meniru lanskap California. 

"Aspal akan digantikan oleh tanaman hijau, dan tempat parkir berubah menjadi area joging dan rute bersepeda," ujarnya. 

www.dailymail.co.uk Mobil-mobil akan
Adapun struktur berbentuk cincin itu memang merupakan gagasan Steve Jobs. Namun, setelah kematiannya, desainer Inggris Jony Ive mengambil alih proyek dengan bantuan Foster, dan dewan lokal untuk menyetujui rencana ambisius mereka pada 2013 lalu itu. Sebuah rencana untuk membuat salah satu kantor paling mengesankan di dunia.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.