Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2017, Dubai Punya Hotel Syariah Pertama

Kompas.com - 06/05/2014, 15:36 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com — Populasi penduduk Uni Emirat Arab memang didominasi Muslim, tetapi negara ini ternyata baru akan memiliki hotel dengan konsep syariah murni pada 2017 mendatang. Hotel syariah ini bertajuk Constella.

Fasilitas akomodasi syariah pertama tersebut akan dikembangkan di kawasan komersial Jumeirah Village, Dubai. Damac Hotel, sayap bisnis hospitalitas Damac Properties telah mengajukan permohonan sertifikasi syariah kepada Dar Al Sharia.

Managing Director Damac Properties Ziad El Chaar mengatakan, Constella menyajikan kesempatan unik dalam berinvestasi di pasar properti Dubai dengan prinsip-prinsip dan keyakinan yang dianut banyak pelanggan Damac. "Terutama mereka yang berasal dari Kerajaan Arab Saudi, dan seluruh pelosok negeri," ujarnya.

Hotel ini dikelola dengan prinsip-prinsip syariah. Di antaranya bebas alkohol, kolam renang, sauna, dan fasilitas lainnya seperti restoran, ruang shalat, dan kamar-kamar di lantai hotel dibuat berbeda dan terpisah antara pria dan wanita.

Prinsip dasar syariah yang diterapkan hotel ini tak sebatas pada implementasi fisik, melainkan juga dalam pembiayaan konstruksi. Damac mendanai proyek ini melalui pinjaman Bank Islam. Sementara itu, tarif yang berlaku pada saat hotel ini beroperasi sekitar 191.200 dollar AS atau Rp 2,2 juta per malam.

Damac Properties sendiri merupakan salah satu raksasa Uni Emirat Arab. Per April 2014, pengembang ini telah membangun sebanyak 9.318 unit properti dan 25.000 unit lainnya dalam pipa pengembangan dan perencanaan hingga 31 Desember 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com