Kompas.com - 30/04/2014, 17:40 WIB
Ilustrasi; Jumlah kamar hotel di Yogyakarta saat ini mencapai 42.000 unit. www.houzz.comIlustrasi; Jumlah kamar hotel di Yogyakarta saat ini mencapai 42.000 unit.
|
EditorHilda B Alexander
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat penurunan tingkat penghunian kamar (TPK) sebesar sepuluh persen pada kuartal I 2014, menjadi hanya 62 persen.

Penurunan tersebut dipicu oleh bertambahnya pasokan kamar baru hingga mencapai 42.000 unit dari total 32 hotel dengan klasifikasi bintang tiga, empat, dan lima (mewah).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan data PHRI Yogyakarta, jumlah tersebut akan bertambah saat 60 proposal perizinan hotel baru yang diajukan pada tahun 2013 lalu direalisasikan tahun ini dan beroperasi pada 2015 dan 2016 mendatang.

Menurut Ketua PHRI Yogyakarta Istidjab M Danunagoro, maraknya pembangunan hotel dan juga berubahnya peruntukan apartemen menjadi kondominium hotel (kondotel) bakal membuat persaingan bisnis fasilitas akomodasi kian sengit.

"Kami harus berbagai kue, meskipun jumlah kunjungan wisatawan terus melonjak. Tetapi, bila hotel terus bertambah, menyebabkan TPK berpotensi menurun, dan tarif kamar harian (average daily room rate/ADR) pun bakal tertekan," papar Istidjab kepada Kompas.com, Rabu (30/4/2014).

Adapun ADR untuk kamar hotel bintang tiga berada pada posisi Rp 350.000 hingga Rp 400.000 per malam. Sedangkan ADR kamar hotel bintang empat berada pada kisaran Rp 600.000 per malam, dan Rp 700.000 per malam untuk kamar hotel bintang lima.

Lebih jauh Istidjab menjabarkan, kemerosotan TPK dimulai pada Januari dan Februari. Dalam dua bulan ini, penurunan TPK sangat tajam karena merupakan low season. Kondisi mulai membaik pada bulan Maret dengan TPK rerata 60 persen.

"April ini dan bulan-bulan berikutnya kami harapkan terus stabil seiring perhelatan Jogja Travel Fair pada 12 Mei hingga 14 Mei 2014 mendatang," tandasnya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.