Kompas.com - 28/04/2014, 15:49 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Beberapa minggu belakangan ini suhu di Jakarta dan sekitarnya terasa sangat panas, terutama di siang hari. Demi menghalau sengatannya, beberapa orang memilih mengeluarkan uang berlebih untuk memasang AC. Efektif?

Jawabnya, belum tentu. Selama ini, apakah itu sepasang tirai menggantung untuk meraih pemandangan yang menyenangkan di jendela kamar, pemilik rumah seringkali mendandani jendela rumah mereka untuk kecantikan ketimbang fungsi. Padahal, dengan bahan yang tepat dan penempatan pas, dekorasi jendela benar-benar membantu mengurangi panas secara alami. Bahkan, bisa menurunkan tagihan listrik bulanan Anda!

Dampaknya memang bisa sangat signifikan. Menurut Amerika Serikat Departemen Energi (DOE), menggunakan sesuatu yang sederhana, misalnya satu set tirai berwarna-warni di jendela, dapat mengurangi panas matahari sebanyak 33 persen. Maka, ketika musim kemarau itu akhirnya tiba, Anda tak perlu lagi mengandalkan AC. Anda bisa menjelajahi banyak ide mengolah jendela sebagai gantinya. Simak berikut ini:

www.houzz.com Kedua tirai interior dan eksterior pada krepyak dapat membantu mengurangi panas matahari sambil mempertahankan cahaya yang Anda inginkan, sebagai tambahan ventilasi, serta privasi.
Shades

DOE mengatakan, dengan perawatan yang tepat, jendela merupakan hal paling sederhana dan efektif untuk menghemat energi. Dibuat dekat dengan kaca dan tepat ke dinding, shades bisa menciptakan segel ketat yang meminimalkan panas matahari.

Shades sangat fleksibel sehingga cocok untuk setiap jendela. Dengan lapisan kain ganda, misalnya dengan warna terang di satu sisi dan warna lebih gelap di sisi lainnya, kehadiran shades akan menambah manfaat lebih, yaitu estetika.

Anda pun bisa membalik kedua padanan warna itu berdasarkan musim. Warna terang akan memantulkan panas di musim panas, sedangkan warna gelap akan menyerap panas selama musim dingin/hujan.

www.houzz.com Awning tidak hanya menambahkan kepribadian Anda sebagai pemilik rumah, tetapi menawarkan pertahanan yang sangat baik terhadap sinar matahari, terutama Anda yang tinggal di daerah cuaca panas terus-menerus.
Krepyak

Anda juga bisa memanfaatkan jenis jendela ini di rumah. Kedua tirai interior dan eksterior pada krepyak dapat membantu mengurangi panas matahari sambil mempertahankan cahaya yang Anda inginkan, sebagai tambahan ventilasi, serta privasi. Ketika ditutup dan menurunkannya, tirai reflektif berwarna putih atau mendekati warna putih mampu mengurangi keuntungan panas sebesar 45 persen .

Anda bisa memasang krepyak di dinding selatan rumah atau jendela yang menghadap ke barat.
Dengan cara ini, Anda bisa mengurangi sengatan panas matahari, tapi tetap dapat memeroleh cahaya, ventilasi, dan privasi bagi Anda sekeluarga.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Houzz.com


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.