Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan Modal Tipis, Apartemen Tetap Cantik

Kompas.com - 28/04/2014, 14:21 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Houzz.com
KOMPAS.com - Uang yang sudah Anda keluarkan untuk membeli properti tentu belum seberapa. Pasalnya, masih ada berbagai biaya lain harus Anda keluarkan, terutama bagi Anda yang ingin menggunakan properti tersebut secara pribadi.

Salah satu komponen biaya itu adalah anggaran untuk mendekorasi atau mengisi interior properti dengan furnitur. Namun, jangan khawatir, Anda masih bisa menekan biaya dekorasi menurut cara yang dilakukan kontributor Houzz, Laura Gaskill.

Tips berikut ini sebenarnya ditujukan untuk apartemen. Namun, dengan ukuran rumah tapak yang kini semakin kecil, Anda pun bisa menggunakannya di rumah mungil Anda. Simak berikut ini:

Membuat vignette

Pertama-tama, pelajari cara membuat vignette di rumah Anda. Maksudnya, berlatihlah cara mengatur permukaan meja, baik itu meja di sisi tempat tidur, meja kopi, atau meja di atas laci. Coba terus hingga Anda bisa menyajikan visual menarik dengan barang-barang terbatas. Pindahkan furnitur, atur kembali posisinya, singkirkan yang tidak perlu, dan cobalah melakukan hal ini sembari bersenang-senang.

Menurut Gaskill, ide mengatur permukaan meja di rumah dengan cara menarik biasanya baru akan muncul setelah Anda tinggal di rumah tersebut selama beberapa bulan. Jadi, sabar dan nikmati saja prosesnya.

www.houzz.com Gaskill mengajak Anda untuk menjaga fokus Anda tetap pada usaha membuat ruang tidak penuh dan berpusat pada kegunaan asalnya.
Ragam corak

Kedua, beranikan diri Anda membuat "campuran" seprai, bed cover, sarung bantal dan guling, serta selimut dengan corak berbeda. Anda tidak perlu menggunakan satu set yang sama. Daripada membeli satu set, Anda bisa memperhatikan jika ada penawaran seprai dan sarung bantal murah.

"Aturan" yang perlu Anda perhatikan dan menyampurkan corak adalah padukan corak dengan gambar besar dengan corak bergambar kecil. Campurkan juga dengan warna solid tanpa corak.

Menjaga fokus

Ketiga, Gaskill mengajak Anda untuk menjaga fokus Anda tetap pada usaha membuat ruang tidak penuh dan berpusat pada kegunaan asalnya. Buat ruangan-ruangan di dalam rumah Anda tetap sederhana, unik, namun tidak penuh barang. Hias ruangan dengan unsur-unsur sederhana, namun efeknya besar. Misalnya, satu vas bunga atau karpet.

Barang loak

Keempat, coba juga mulai mencari barang-barang di pasar loak. Anda bisa menemukan barang-barang unik untuk rumah Anda dengan harga "miring". Namun, hindari membeli sofa dan matras bekas. Anda tidak tahu bagaimana kondisi di dalam matras, serta penggunaan sebelumnya.

Papan pengingat

Kelima, simak kesempatan-kesempatan tidak terduga untuk menaruh barang-barang yang menarik dan istimewa. Misalnya, Anda bisa menjadikan papan pengingat sebagai salah satu hiasan di ruang kerja Anda. Anda juga bisa memilih gantungan baju berbentuk istimewa untuk menaruh jaket atau manggantung handuk.

Kemudian, lakukan hal berikut ini di kamar mandi Anda. Daripada menggunakan barang-barang yang khusus ditujukkan untuk digunakan di kamar mandi, gunakan saja barang-barang sehai-hari. Misalnya, gunakan cangkir teh sebagai gelas kumur, toples kaca untuk menaruh kapas, cotton bud, atau produk perawatan kulit, nampan cantik untuk mengumpulkan produk-produk kecantikan, serta cermin hias untuk diletakkan di atas wastafel.

Selain di pasar loak, cari barang-barang keperluan Anda di pasar swalayan yang memang terkenal terjangkau. Nama-nama toko seperti Ikea sudah terkenal menyediakan barang-barang dengan harga terjangkau untuk berbagai keperluan.

Selanjutnya, pelajari cara menghemat tempat di rumah. Gunakan meja konsol untuk "menyembunyikan" kursi di bawahnya. Anda juga bisa memanfaatkan bagian bawah tempat tidur sebagai tempat penyimpanan tambahan.

Terakhir, jangan lupa memasukkan tanaman hias ke dalam rumah. Tanaman hias yang segar bisa membuat apartemen Anda tampak seperti "rumah". Selain tanaman dalam pot, bunga-bunga anggrek juga bisa membuat rumah Anda lebih menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Houzz.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com