Dengan Modal Tipis, Apartemen Tetap Cantik

Kompas.com - 28/04/2014, 14:21 WIB
Ilustrasi. Annie McElwain PhotographyIlustrasi.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Uang yang sudah Anda keluarkan untuk membeli properti tentu belum seberapa. Pasalnya, masih ada berbagai biaya lain harus Anda keluarkan, terutama bagi Anda yang ingin menggunakan properti tersebut secara pribadi.

Salah satu komponen biaya itu adalah anggaran untuk mendekorasi atau mengisi interior properti dengan furnitur. Namun, jangan khawatir, Anda masih bisa menekan biaya dekorasi menurut cara yang dilakukan kontributor Houzz, Laura Gaskill.

Tips berikut ini sebenarnya ditujukan untuk apartemen. Namun, dengan ukuran rumah tapak yang kini semakin kecil, Anda pun bisa menggunakannya di rumah mungil Anda. Simak berikut ini:

Membuat vignette

Pertama-tama, pelajari cara membuat vignette di rumah Anda. Maksudnya, berlatihlah cara mengatur permukaan meja, baik itu meja di sisi tempat tidur, meja kopi, atau meja di atas laci. Coba terus hingga Anda bisa menyajikan visual menarik dengan barang-barang terbatas. Pindahkan furnitur, atur kembali posisinya, singkirkan yang tidak perlu, dan cobalah melakukan hal ini sembari bersenang-senang.

Menurut Gaskill, ide mengatur permukaan meja di rumah dengan cara menarik biasanya baru akan muncul setelah Anda tinggal di rumah tersebut selama beberapa bulan. Jadi, sabar dan nikmati saja prosesnya.

www.houzz.com Gaskill mengajak Anda untuk menjaga fokus Anda tetap pada usaha membuat ruang tidak penuh dan berpusat pada kegunaan asalnya.
Ragam corak

Kedua, beranikan diri Anda membuat "campuran" seprai, bed cover, sarung bantal dan guling, serta selimut dengan corak berbeda. Anda tidak perlu menggunakan satu set yang sama. Daripada membeli satu set, Anda bisa memperhatikan jika ada penawaran seprai dan sarung bantal murah.

"Aturan" yang perlu Anda perhatikan dan menyampurkan corak adalah padukan corak dengan gambar besar dengan corak bergambar kecil. Campurkan juga dengan warna solid tanpa corak.

Menjaga fokus

Ketiga, Gaskill mengajak Anda untuk menjaga fokus Anda tetap pada usaha membuat ruang tidak penuh dan berpusat pada kegunaan asalnya. Buat ruangan-ruangan di dalam rumah Anda tetap sederhana, unik, namun tidak penuh barang. Hias ruangan dengan unsur-unsur sederhana, namun efeknya besar. Misalnya, satu vas bunga atau karpet.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Houzz.com
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X