Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Simpel Mencampur Gaya Dekor di Rumah!

Kompas.com - 12/04/2014, 13:08 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Pemilik rumah belum tentu mampu membuat variasi beberapa gaya dekorasi di dalam rumahnya sendiri. Bagi mereka yang tak mau repot biasanya membeli langsung satu set furnitur.

Langkah tersebut memang praktis. Sayangnya, interior akan kekurangan nuansa intim dan karakter. Untuk itu, desainer interior Estee Stanley kembali memberikan "resepnya" mengenai cara menyampur gaya dekor di dalam rumah. Simak caranya berikut ini.

"Menyambungkan berbagai gaya dan tampilan ke dalam rumah Anda benar-benar sebuah kemampuan, itulah alasan saya mengadopsi mentalitas lebih sedikit lebih baik," ujar Stanley.

Menurut dia, prinsip 'lebih sedikit' bukan berarti kosong, juga tidak berarti membosankan.

"Pikirkan mengenai barang-barang kunci di dalam rumah Anda dan bagaimana Anda mau menegaskannya dengan cara menambahkan elemen tidak terduga," katanya. 

Pertama-tama, Stanley menganjurkan Anda untuk mulai dari hal sederhana. Jika sulit menggabungkan banyak gaya dekorasi dalam skala besar, Anda bisa mencoba dari aksesoris sederhana, misalnya dari penggunaan bantal sofa.

Setelah itu, cobalah memajang aksesoris atau hiasan ruangan organik dan dari barang-barang alami. Letakkan barang-barang natural ini di atas meja konsol kontemporer. Cara ini akan menampilkan intrik cantik, baik bagi hiasan, maupun bagi meja konsolnya.

Kedua, usahakan mencoba paksakan diri Anda menggunakan furnitur berbeda, namun dalam gaya yang saling melengkapi. Hal ini akan memuat penataan yang harmonis. Misalnya, gunakan sofa midcentury moderen dengan karpet Maroko. Kontras, namun tampak 'bersih', sederhana, dan mewah.

Ketiga, berkonsentrasilah pada satu area khusus. Menyampurkan berbagai gaya dekorasi tidak perlu dilakukan dalam seluruh ruangan. Ada bisa menggunakan furnitur penuh detail.

Kemudian, "pecahkan" hingga memiliki tampilan dekonstruktif. Misalnya, kursi vintage ala Prancis bisa tampil lebih kontemporer jika dilapisi kain sederhana dan hiasan garis pada rangka kayunya.

Selamat mendekorasi!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com