Kompas.com - 24/04/2014, 10:55 WIB
Toko retail Sony Style SonyToko retail Sony Style
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Sony Corp akan memulai bisnis realestat dengan Kazuo Hirai sebagai Chief Executive Officer, yang akan berusaha memanfaatkan informasi dari divisi elektronik konsumen perusahaan. Unit bisnis realestat ini akan mulai beroperasi pada Agustus mendatang.

Bisnis tersebut akan mencakup pialang, manajemen properti, serta bisnis konsultasi. Perusahaan menyatakan akan menggelontorkan investasi awal untuk bisnis tersebut sebesar 250 juta yen atau sekitar 2.400.000 dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini Sony tengah berjuang untuk menemukan produk baru untuk menangkap pergeseran konsumen ke perangkat mobile buatan Apple Inc dan Samsung Electronics Co, menyusul permintaan untuk produk televisi, kamera, serta komputer pribadi terus menurun.

Sebagai CEO, Hirai tengah mencoba untuk memacu kebangkitan perusahaan tersebut setelah memperkirakan kerugian hingga 1,1 miliar dollar AS pada 31 Maret lalu. Hirai menyatakan akan memangkas 5.000 pekerja lebih banyak dan mengurangi anggaran.

"Sony telah mengumpulkan informasi pribadi melalui Vaio dan PlayStation bisnis sehingga perusahaan mungkin dapat menggunakan database konsumen dalam bisnis realestate," kata Yasuo Nakane, seorang analis di Deutsche Bank AG di Tokyo.

"Ini lebih tentang optimalisasi aset, bukan langkah strategis," ujar Nakane.

The Nikkei pun sebelumnya melaporkan, bahwa Sony berencana memasuki pasar realestat. Perusahaan tersebut akan mengembangkan 10 bisnis baru selama tiga tahun, salah satunya properti.

Adapun untuk unit baru tersebut Sony akan menyebutnya sebagai Sony Real Estate Corp. Kantor unit bisnis baru itu akan berbasis di kawasan Ginza, Tokyo. Saat ini Sony tengah membentuk tim untuk melihat cara-cara baru di bisnis ini. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.