Kompas.com - 23/04/2014, 17:14 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Rumah Anda yang terasa nyaman belum tentu sehat. Karena itu, sebelum berusaha menerapkan gaya hidup sehat, coba cek dulu kondisi rumah Anda.

Menurut kontributor Houzz, Laura Gaskill, rumah tinggal bisa menjadi faktor yang membuat resolusi gaya hidup sehat tidak berhasil. Coba lakukan beberapa langkah berikut ini: 

Pertama-tama, tambahkan "aliran" antara dalam dan luar ruangan. Caranya, pasang pintu-pintu bergaya Prancis yang mudah dilalui, pintu kaca, atau dinding kaca di rumah Anda. Anda bisa meletakkan pintu dan jendela-jendela ini di dapur, ruang keluarga, bahkan di kamar tidur untuk meningkatkan koneksi antara Anda dan lingkungan alam di sekitar rumah.

Menurut Gaskill, Anda juga bisa membuat akses terbuka di rumah Anda. Akses semacam ini mirip dengan lorong-lorong tanpa sekat yang membuat Anda bisa berinteraksi dengan udara terbuka ketika menyusuri bagian lain rumah.

Cara kedua, gunakan meja kerja yang memaksa Anda bekerja dengan postur tubuh baik. Gaskill menyebutnya dengan stand-up desk. Bekerja dengan meja jenis ini membantu Anda menghindari berbagai penyakit yang terjadi karena terlalu banyak duduk.

Ketiga, pilih lemari es yang lebih kecil. Selain berbentuk unik, lemari es berukuran lebih kecil juga membatasi jumlah makanan beku yang bisa Anda simpan. Anda "terpaksa" memasak dengan bahan-bahan segar yang jauh lebih sehat.

Keempat, pastikan Anda membuat satu ruang makan yang bisa digunakan makan bersama oleh seluruh anggota keluarga. Banyak hal positif bisa diraih dengan menyediakan ruang dan menyempatkan makan bersama dengan keluarga. Pertama, konektivitas antar anggota keluarga akan terbangun. Kedua, Anda menumbuhkan pola makan sehat dan teratur.

Cara kelima, mulailah menumbuhkan bumbu atau sayuran yang Anda butuhkan sendiri di rumah. Gaskill mengungkapkan, tanaman-tanaman bumbu ini hanya perlu cahaya matahari yang cukup. Anda bisa meletakkannya di dekat jendela atau pot vertikal di dalam rumah. Selain bisa Anda gunakan untuk memasak, Anda juga bisa menjadikan tanaman tersebut sebagai hiasan menarik.

Selanjutnya, pastikan Anda membuat kamar tidur yang membuat Anda bisa beristirahat dengan nyaman. Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan Anda. Karena itu, tak ada salahnya memberikan fokus lebih kepada kamar tidur Anda. Cobalah menghindari menaruh televisi di kamar tidur agar istirahat Anda tidak terganggu.

Cara keenam cocok bagi Anda yang punya ruang berlebih di rumah. Gunakan ruang tersebut sebagai ruang olah raga yang mampu menginspirasi Anda rutin berolah raga.

Ketujuh, cobalah membagi konsentrasi Anda. Jangan hanya fokus pada penataan interior rumah, namun juga eksteriornya. Beri anak Anda tempat bermain di luar ruangan yang aman. Berikan mereka kesempatan sama dengan Anda ketika kecil, yaitu menikmati kegiatan di luar ruangan.

Tentu, Anda pun butuh area di luar ruangan. Jika tidak tinggal di kota besar yang penuh polusi, atau Anda tinggal di lokasi cukup jauh dari jalan raya, buatlah teras untuk bersantai. Manfaatkan ruang untuk menghilangkan stres. Jika ingin lebih pribadi dan bebas dari gangguan sekitar, berikan "sekat" dari tanaman-tanaman.

Selamat berkarya!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Houzz.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.