Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya Kondominium yang Mengalami Peningkatan Penjualan

Kompas.com - 23/04/2014, 16:04 WIB
Tabita Diela

Penulis

 

KOMPAS.com - Para pengamat dan pelaku bisnis properti sudah membuat prediksi dan berancang-ancang terkait melambatnya sektor properti di Tanah Air. Meleset dari perkiraan, rupanya masih ada jenis properti yang mengalami pertumbuhan penjualan. 

Kondominium merupakan satu-satunya jenis properti di Jakarta yang mengalami kenaikan penjualan jika dibandingkan dengan periode triwulan sebelumnya. Dalam presentasi di kantor JLL siang ini, Rabu (23/4/2014), Head of Research JLL Anton Sitorus dan Head of Residential JLL Luke Rowe mengungkapkan hal tersebut.

"Kita melihat total penjualan di kuartal satu ini naik sekitar 50 persen. Padahal, kita merasa kondisi pasar tidak mendukung. Hal ini terjadi, sedikit banyak disebabkan karena faktor peluncuran proyek baru," ujar Anton.

Anton mengungkapkan, pasokan baru yang diluncurkan developer dalam periode ini cukup besar, yaitu 4.100 unit. Jumlah tersebut berasal dari sekitar tujuh proyek baru yang diluncurkan pengembang di Jakarta antara Januari hingga Maret 2014. Adapun jumlah tersebut tidak mengikutsertakan rumah susun bersubsidi.

Sementara itu, jumlah yang terserap dari 4.100 unit pasokan tersebut mencapai 3.350 unit. Jumlah itu hampir 50 persen lebih besar dari periode sebelumnya. Hanya, persentase jumlah unit yang terserap juga turun akibat naiknya pasokan.

"Di periode ini jumlah unit yang diluncurkan 4.100, tapi yang terserap di bawah itu. Kondisinya lebih lemah walaupun terjadi kenaikan. Tapi, kalau dilihat dari pasokan, penyerapan tidak setinggi sebelumnya," ujar Anton.

Saat ini, meskipun penjualan terlihat meningkat, kenaikan harga kondominium turut melambat. JLL mencatat, kenaikan harga kondominium pada triwulan ini hanya mencapai sekitar 1,4 persen, sedangkan pada triwulan sebelumnya tumbuh mencapai 3,1 persen.

Ada juga satu fakta menarik. Menurut Anton, porsi pembeli kondominium oleh konsumen mulai berkembang. Jika sebelumnya porsi konsumen dan investor 25-75, sekarang sudah 40-60.

Adapun jumlah kondominium eksisting buatan pengembang swasta saat ini mencapai sekitar 91.330 unit. Take-up rate atau rerata penyerapannya mencapai 94 persen. Pada 2017 mendatang, JLL memperkirakan akan ada tambahan 47.240 unit kondominium dengan rerata penjualan mencapai 72 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com