Kompas.com - 12/04/2014, 13:08 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Pemilik rumah belum tentu mampu membuat variasi beberapa gaya dekorasi di dalam rumahnya sendiri. Bagi mereka yang tak mau repot biasanya membeli langsung satu set furnitur.

Langkah tersebut memang praktis. Sayangnya, interior akan kekurangan nuansa intim dan karakter. Untuk itu, desainer interior Estee Stanley kembali memberikan "resepnya" mengenai cara menyampur gaya dekor di dalam rumah. Simak caranya berikut ini.

"Menyambungkan berbagai gaya dan tampilan ke dalam rumah Anda benar-benar sebuah kemampuan, itulah alasan saya mengadopsi mentalitas lebih sedikit lebih baik," ujar Stanley.

Menurut dia, prinsip 'lebih sedikit' bukan berarti kosong, juga tidak berarti membosankan.

"Pikirkan mengenai barang-barang kunci di dalam rumah Anda dan bagaimana Anda mau menegaskannya dengan cara menambahkan elemen tidak terduga," katanya. 

Pertama-tama, Stanley menganjurkan Anda untuk mulai dari hal sederhana. Jika sulit menggabungkan banyak gaya dekorasi dalam skala besar, Anda bisa mencoba dari aksesoris sederhana, misalnya dari penggunaan bantal sofa.

Setelah itu, cobalah memajang aksesoris atau hiasan ruangan organik dan dari barang-barang alami. Letakkan barang-barang natural ini di atas meja konsol kontemporer. Cara ini akan menampilkan intrik cantik, baik bagi hiasan, maupun bagi meja konsolnya.

Kedua, usahakan mencoba paksakan diri Anda menggunakan furnitur berbeda, namun dalam gaya yang saling melengkapi. Hal ini akan memuat penataan yang harmonis. Misalnya, gunakan sofa midcentury moderen dengan karpet Maroko. Kontras, namun tampak 'bersih', sederhana, dan mewah.

Ketiga, berkonsentrasilah pada satu area khusus. Menyampurkan berbagai gaya dekorasi tidak perlu dilakukan dalam seluruh ruangan. Ada bisa menggunakan furnitur penuh detail.

Kemudian, "pecahkan" hingga memiliki tampilan dekonstruktif. Misalnya, kursi vintage ala Prancis bisa tampil lebih kontemporer jika dilapisi kain sederhana dan hiasan garis pada rangka kayunya.

Selamat mendekorasi!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.