Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pipa Beton, Atraksi Cantik untuk Fasad Hotel!

Kompas.com - 07/04/2014, 16:18 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Techne Architects, studio arsitektur asal Melbourne, Australia, merenovasi bagian bar publik dari Prahran Hotel di Westgate, Victoria. Bar penuh dengan ornamen art deco itu menjadi lebih istimewa dengan penambahan aksesoris berupa pipa-pipa beton. Masing-masing pipa tidak hanya menjadi jendela, namun juga dirancang sebagai area menyantap makanan dan minuman untuk pengunjung.

Bar publik dalam Prahran Hotel seluas 550m2 ini memiliki dua lantai. Sebelum tampil lebih menarik di tangan Techne Architects, bagian ini dikabarkan memiliki proporsi tidak ideal. Pemilik lahan kemudian memutuskan untuk menghancurkan volume bangunan lama dan membangun ruang dua lantai yang dramatis. Di tengah-tengahnya pun dibuat ruang terbuka setinggi dua lantai yang menghubungkan lantai dasar dengan lantai kedua secara visual.

Peter Clarke Photography Lubang-lubang dari pipa beton menjadi jendela unik bagi Hotel Prahran di Victoria, Australia. Pipa tersebut berada di bagian restoran dan bar. Para pengunjung bisa menikmati pemandangan lewat lubang-lubang di ujung lain pipa beton. Beberapa tempat duduk pun berada di dalam pipa tersebut.

Penggunaan pipa-pipa beton berukuran besar juga menjadi salah satu daya tarik yang mampu menarik perhatian pengunjung. Pipa beton ini dipilih lantaran memiliki kedalaman yang cukup untuk menaruh furnitur, serta bentuk uniknya menyerupai tumpukan tong. Bentuk unik tersebut dengan mudah bisa diasosiasikan dengan tong-tong bir klasik, yang menjadi identitas bar-bar di seluruh dunia.

Peter Clarke PhotographyTidak sekadar menjadi "tempelan", pipa beton menjadi salah satu area duduk bagi para pengunjung restoran dan bar di Hotel Prahran. 

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bagian terbuka di tengah-tengah volume tidak hanya membuka restoran ini secara visual, namun juga memasukkan banyak sinar matahari. Jumlah sinar matahari yang melimpah membuat struktur besi dan beton ekspos di dalam tempat makan ini tidak tampak gelap dan suram.

Selain tampil dalam Designboom, bar unik ini juga pernah dibahas dalam Archdaily. Dalam media tersebut disebutkan, usaha terbesar tidak hanya dilakukan untuk membuat tampilan bar dan restoran tampak istimewa.

Nuansa dan keintiman di dalam interior juga penting. Karena itu, pemilik bar ini menyediakan berbagai area dengan berbagai jenis tempat duduk. Ada area yang dikhususkan untuk berkumpul bersama, ada pula ruang lebih intim di dalam pipa beton.

Terinspirasi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com