Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Rumah Supermungil Hasil Cetak Tiga Dimensi

Kompas.com - 07/04/2014, 15:59 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com -- Setiap hari, penemuan baru di dunia desain, arsitektur, dan properti terus bermunculan. Kali ini, satu tim mahasiswa interdisiplin ilmu yang dikepalai profesor dan arsitek Peter Ebner mengembangkan rumah hasil cetak tiga timensi. Rumah karya mereka ini menawarkan mobilitas tinggi dan kenyamanan bagi penggunanya.

Peter Ebner dan 3M FutureLAB Hal yang mengejutkan dari hunian super mungil ini adalah kemampuannya menyediakan dapur mungil, wastafel, kamar mandi, bahkan lemari es. Toilet lipat di dalam hunian unik ini juga dengan mudah bisa menarik perhatian publik.

Mahasiswa dari University of California (UCLA), University of Huddersfield (HUD), bergabung dalam tim yang dikepalai oleh Ebner. Seperti dikutip dari Designboom, mereka juga bekerja sama dengan 3M futureLAB dan Voxeljet. Mereka mencetak hunian mikro seluas 2,2m x 2,2m tersebut di Bavaria, Jerman.

Peter Ebner dan 3M FutureLAB Interior apartemen mikro karya Peter Ebner dan 3M FutureLAB.

Memang, ukuran hunian tersebut sangat mungil. Namun, hunian mikro itu berhasil menyediakan kebutuhan dasar, seperti kamar mandi, dapur, tempat tidur, dan meja untuk bekerja.

Desain hunian tersebut juga dipersiapkan untuk memungkinkan penggunanya memasukkan sistem multimedia. Jadi, ketika penghuni hunian supermungil ini ingin menikmati hiburan, mereka bisa menggunakan proyektor yang menembakkan gambar ke permukaan dinding utama.

Hunian mungil ini dicetak dengan menggunakan plastik berbasis pasir dan perekat khusus. Cetakannya pun tidak sembarangan. Tidak ada ruang yang terbuang sia-sia. Di bawah lantai hunian mungil ini digunakan untuk area teknis dan tempat penyimpanan tambahan.

Sayangnya, dengan keterbatasan bentuk hunian, tidak mudah menyediakan pencahayaan alami ke dalam hunian ini. Maka dari itu, secara khusus tim cendekia perancang hunian ini memberikan cahaya tambahan dan ventilasi istimewa agar penghuninya benar-benar bisa merasa aman. Mereka menyediakan cahaya buatan di atap rumah dengan lampu LED.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com