Kompas.com - 04/04/2014, 08:08 WIB
National Building Museum (NBM) di Washington, D.C., Amerika Serikat, baru saja mengumumkan bahwa BIG telah mendesain instalasi labirin untuk menyambut musim panas. National Building MuseumNational Building Museum (NBM) di Washington, D.C., Amerika Serikat, baru saja mengumumkan bahwa BIG telah mendesain instalasi labirin untuk menyambut musim panas.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - National Building Museum (NBM) di Washington, D.C. secara resmi mengumumkan bahwa BIG akan membuat instalasi berupa labirin di tengah-tengah museum pada musim panas mendatang.

BIG merupakan kelompok arsitek, desainer, insinyur, dan pemikir yang berbasis di Kopenhagen dan New York. Untuk proyek ini, NBM dan BIG menjalin rekanan kerja untuk membuat labirin terbesar yang pernah disaksikan NBM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Labirin ini akan hadir di atrium utama museum pada 4 Juli 2014 mendatang hingga 1 September 2014. Dikutip dari situs resminya, pihak museum mengajak para pengunjung untuk "tersesat" di dalam labirin tersebut selama musim panas. Ajakan ini rupanya tidak main-main. Karya instalasi raksasa tersebut memang bisa membuat pengunjung "hilang" di antara lika-liku labirin.

Labirin atau maze ini memiliki ukuran dinding tertinggi 5,4 m dengan tapak seluas 18,6 m x 18,6 m. Uniknya, dinding setinggi 5,4 m akan semain turun hingga ke tengah labirin. Jadi, ketika sudah mencapai pusat, penggunjung tahu arah keluar dari labirin tersebut. Sesuai rencana, BIG akan menggunakan tripleks dari kayu birch Baltik untuk membangun labirin ini.

Prinsipal BIG Bjarke Ingels mengungkapkan bahwa konsep labirin ini sebenarnya sederhana. Dikutip dari situs resmi museum, dia mengungkapkan, "Konsepnya sederhana. Semakin Anda berjalan ke dalam labirin, biasanya jalur Anda akan semakin terbelit. Bagaimana jika kami membalik skenario ini dan menciptakan sebuah labirin yang mampu memberikan kejernihan dan pengertian visual ketika Anda mencapai jantung labirin?"

Dari luar, labirin ini memang akan tampak mengerikan. Dinding tinggi dari kayu birch dengan sedikit bukaan di beberapa sisi hanya bisa dimasuki oleh pengunjung museum bernyali. Namun, ketika sampai di jantung labirin, pengunjung akan sadar bahwa dia dapat dengan mudah mencari jalan keluar dari labirin tersebut.

Labirin yang diberi nama dari kreatornya, The BIG Maze, ini merupakan bagian dari acara tahunan Summer Block Party. Rangkaian program, pameran, konser, acara tengah malam, akan diadakan oleh museum.




Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.