Kompas.com - 02/04/2014, 11:52 WIB
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Bank Sentral Inggris (The Bank of England/BoE) kemungkinan akan memperkenalkan standar pinjaman yang lebih ketat bulan April ini, setelah kredit pemilikan rumah (KPR) di Inggris mencapai rekor tertinggi.
 
Menurut BoE, permintaan KPR melonjak sebesar 40 persen tahun lalu hingga Januari 2014. Inilah alasan mereka meningkatkan porsi pendapatan peminjam dibanding rasio kredit yang diperbolehkan. 

Komite Kebijakan Keuangan BoE juga telah meminta bank penyalur KPR untuk mempertimbangkan konsekuensi peningkatan suku bunga. Pasalnya, BoE telah mempertahankan suku bunga acuan pada angka 0,5 persen selama lima tahun terakhir, dan itu tak pernah berubah.

BoE mengisyaratkan kenaikan suku bunga acuan secara bertahap hingga mencapai 3 persen dalam dua atau tiga tahun ke depan. Setelah standar pengetatan ini berlaku, bank penyalur KPR akan memastikan kesanggupan debitur membayar cicilan lebih tinggi dengan suku bunga baru.

Harga rumah melejit

Kantor Statistik Nasional, pekan lalu, mengungkapkan bahwa harga rumah di Inggris mencapai rerata 245.000 poundsterling atau setara Rp 4,7 miliar. London tampil memimpin dengan harga 23 persen di atas pencapaian tertinggi sebelum resesi 2008.

Karena itu, Komite Kebijakan Keuangan BoE, akan tetap waspada terhadap kerentanan yang muncul dan akan terus memantau kondisi melalui kebijakan proporsional dan tindakan pencegahan bila diperlukan.
 
BoE juga akan membuat bank melakukan "uji tekanan" untuk memastikan apakah mereka akan mengalami kesulitan jika terjadi penurunan tajam harga rumah akibat kenaikan suku bunga.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.