Kompas.com - 24/03/2014, 11:02 WIB
Terletak di selatan Kota Amsterdam, bangunan kantor di lahan seluas 3.000 meter persegi ini telah berubah menjadi lanskap interaktif. Setiap lantai memiliki ruang tersendiri yang lengkap dengan semua fasilitas umum www.designboom.comTerletak di selatan Kota Amsterdam, bangunan kantor di lahan seluas 3.000 meter persegi ini telah berubah menjadi lanskap interaktif. Setiap lantai memiliki ruang tersendiri yang lengkap dengan semua fasilitas umum
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Kantor Google di Amsterdam, Belanda, baru saja direnovasi. Interiornya diperbaharui oleh D/Dock, studio arsitek yang berbasis di negara itu.

Renovasi dimulai dari garasi, tempat awal para pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, memulai perusahaan raksasa tersebut. Di ruangan itu D/Dock membuat elemen-elemen unik, mulai dinding grafiti, lampu kotak kardus, hingga dinding kontainer auditorium yang diintegrasikan ke dalam ruangan untuk menggambarkan masa kelahiran kantor ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

www.designboom.com Desain interior dibuat
Terletak di selatan Kota Amsterdam, bangunan kantor di lahan seluas 3.000 meter persegi ini telah berubah menjadi lanskap interaktif. Setiap lantai memiliki ruang tersendiri yang lengkap dengan semua fasilitas umum, termasuk ruang berkumpul, ruang rapat, dapur mikro, serta ruang video yang diposisikan pada inti bangunan kantor ini.

Desain interior dibuat "eksklusif" untuk menentukan wilayah kerja masing-masing karyawan. Semua ruangan dibuat mendekati jendela dengan view 180 derajat menghadap ke arah kota dari meja masing-masing karyawan.

www.designboom.com Selain itu, D/Dock juga mengikuti arahan dari para petinggi Google untuk memperhatikan faktor kesehatan dengan hanya menggunakan material bangunan non-racun. Elemen desain utamanya pun harus sangat fokus pada air dan konsumsi energi.
Konsep desain keberlanjutan di kantor ini cukup memainkan peran besar dalam pengembangan skema proyek renovasi tersebut. Misalnya, penggunaan furnitur, tempat kerja individu dan bagian dapur mungil menjadi tampil lebih aktif.

Selain itu, D/Dock juga mengikuti arahan dari para petinggi Google untuk memperhatikan faktor kesehatan dengan hanya menggunakan material bangunan non-racun. Elemen desain utamanya pun harus sangat fokus pada air dan konsumsi energi.

Selain memberikan penghargaan kepada para pendiri Google, D/Dock juga berusaha menonjolkan sedikit kebanggaan kepada warga Belanda dengan cara memberikan suasana kantor itu terasa lebih lokal. Hal itu bisa dilihat mulai dari meja resepsionis, tekstur permukaan panel langit-langit, hingga area-area yang lebih privat untuk berkumpul dan berdiskusi.

www.designboom.com Selain memberikan penghargaan kepada para pendiri Google, D/Dock juga berusaha menonjolkan sedikit kebanggaan kepada warga Belanda dengan cara memberikan suasana kantor itu terasa lebih lokal.
"Itu adalah tempat yang membuat karyawan bekerja lebih baik dengan menawarkan lingkungan kerja yang memenuhi kebutuhan mereka" Coen van Dijck, dari D/Dock.

"Kebahagiaan, kenyamanan, fleksibilitas, relaksasi, gizi yang seimbang, olahraga, udara segar dan stimulasi visual adalah beberapa pijakan dasar yang membuat kantor ini menjadi kantor yang sehat," tambahnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.