Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih, Beberapa Kesalahan Lazim Pemilik Rumah Mungil!

Kompas.com - 23/03/2014, 11:26 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Ukuran rumah sudah terbukti bukan satu-satunya pertimbangan dalam memilih rumah. Namun, rumah berukuran kecil memang bisa berpotensi membuat pemiliknya bingung ketika ingin mempercantik rumah tersebut.

Nate Berkus, desainer sekaligus pembawa acara American Dream Builders, pun menyadari hal ini. Alih-alih melarang menggunakan beberapa jenis barang, Berkus justru punya saran lain bagi Anda, yaitu jangan takut mencoba.

"Saya pikir, kesalahan paling umum dibuat orang ketika menempati ruang berukuran kecil adalah membeli furnitur untuk ukuran apartemen," ujar Berkus dalam video yang dipublikasikan Huffington Post.

www.domainhome.com Kedua, gunakan warna netral untuk memoles dinding interior rumah. Warna-warna ini lebih mudah tampil serasi dengan furnitur.

Menurut Berkus, membeli furnitur yang khusus didesain untuk apartemen membuat Anda berakhir dengan banyak barang tidak nyaman dan berukuran janggal. Karena itu, sebaiknya Anda mengambil langkah berani, yaitu membeli barang-barang kesukaan Anda yang nyaman digunakan. Singkirkan ketakutan bahwa furnitur, khususnya sofa, terlalu besar bagi rumah Anda.

"Saran saya untuk ruang berukuran kecil, dan saya sudah melakukannya berkali-kali, belilah sofa berukuran penuh. Meski Anda berpikiran bahwa sofa itu terlalu besar, akan menutup seluruh dinding, itu tidak apa-apa, itu bagus," imbuhnya.

Berkus bersikeras sofa berukuran penuh membuat Anda nyaman di rumah sendiri. Anda pun bisa mengundang kerabat dan teman ke rumah tanpa perlu khawatir dengan kenyamanan mereka. Sang desainer merasa tidak ada faedahnya memenuhi rumah dengan barang-barang yang tidak memanjakan pemilik rumah.

"Saya lebih baik punya satu sofa berukuran besar yang nyaman, ketimbang 12 furnitur tidak nyaman," ujarnya.

Anda pun tidak perlu khawatir bahwa membeli sofa atau furnitur berukuran besar akan merongrong kantong Anda. Berkus menekankan kembali bahwa bisa saja, furnitur yang nyaman dan besar tersebut lebih murah ketimbang furnitur ramping khusus untuk hunian mungil. Buka wawasan Anda dengan mengakses situs-situs penjualan di internet, atau kunjungi langsung ruang pamer furnitur untuk membandingkan harga sebelum membeli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com