Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini, Cara Jitu Hilangkan Debu dari Layar Kaca

Kompas.com - 22/03/2014, 08:05 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Philo Farnsworth dan Charles Francis Jenkins mungkin tidak pernah membayangkan televisi hasil kreasinya akan begitu penting bagi peradaban dunia. Kini, televisi sudah berevolusi jauh dari cikal-bakalnya. Tidak hanya menjadi gaya hidup, bagi sebagian orang, televisi bahkan sudah menjelma menjadi kebutuhan.

Setiap akhir pekan, televisi akan sangat berguna untuk menemani pemiliknya beristirahat sembari melihat idola dan jagoan mereka beradu peran. Sayangnya, kenyamanan ini bisa terganggu karena kotoran di layar televisi. Jika hal tersebut juga menimpa Anda, gunakan cara mudah berikut ini untuk menghilangkan kotoran di permukaan televisi.

Sebelum mulai membersihkan televisi, jangan lupa memadamkannya dengan cara melepaskan televisi dari sumber listrik. Kemudian, perhatikan betul jenis televisi Anda. Berbeda jenis, berbeda pula cara menanganinya.

Pertama-tama, jika televisi Anda berjenis "tabung" klasik, Anda bisa bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih kaca bebas amonia. Semprotkan cairan pembersih tersebut pada permukaan tisu dapur (paper towel) atau penyaring kopi, kemudian seka layar televisi hingga sidik jari dan kotoran hilang.

Kedua, hilangkan kotoran di permukaan televisi LCD dengan kain bebas serat (lint-free cloth) yang lembut. Televisi dengan layar LCD sangat rentan terhadap goresan. Seka dengan lembut satu arah hingga debu hilang dari permukaan televisi.

Hindari penggunaan cairan pembersih kaca dan tisu dapur. Keduanya bisa merusak layar. Tisu dapur bahkan bisa meninggalkan goresan pada permukaan layar televisi.

Ketiga, untuk televisi plasma, Anda hanya perlu menggunakan kain bebas serat atau kain serat mikro (micro fibre) untuk membersihkan permukaannya. Jika benar-benar kotor, Anda bisa menggunakan kain yang sedikit lembab untuk membersihkannya.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com