Pertama di Indonesia, Bandara Internasional Sepinggan Dilengkapi Pusat Belanja

Kompas.com - 22/03/2014, 15:01 WIB
Citra Bandara International Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur. dokumentasi Angkasa Pura 1Citra Bandara International Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur.
|
EditorHilda B Alexander
BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Terminal baru Bandar Udara Internasional Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, yang mulai beroperasi sejak Sabtu (22/3/2014) subuh tadi, dirancang berbeda dengan Bandara lainnya yang ada di Indonesia.

Terminal ini hadir dengan konsep baru. Selain ramah lingkungan dan hemat energi, juga dilengkapi pusat belanja.

Konsep ramah lingkungan dan hemat energi direpresentasikan oleh karakteristik bangunan fisik. Atapnya seperti lempeng daun sedikit bergelombang, yang beberapa bagiannya bermaterikan  kaca.

Selain atap, beberapa sisi dinding bangunan juga berasal dari kaca. Dengan model ini, memungkinkan sistem pencahayaan dari sinar matahari, dapat masuk secara maksimal ke dalam gedung terminal hingga ke lantai dasar.

“Semua open sehingga pada siang hari tidak membutuhkan penggunaan lampu. Pada malam hari pun lampu yang digunakan adalah lampu hemat energi dan LED. Selain itu, banyak unsur kembali ke alam (back to nature),” kata Direktur Teknik Angkasa Pura I, Polana Banguningsih, kepada Kompas.com.

Selain fasad, konsep ramah lingkungan juga dapat ditemukan pada sistem pengelolaan dan penggunaan air. 

“Air yang sudah digunakan tidak langsung dibuang, melainkan didaur ulang dan digunakan kembali untuk hidran. Tidak keseluruhan yang digunakan, tetapi sebagian besar lagi digunakan kembali,” jelas Head of Sepinggan Airport International Balikpapan Project, Taochid Purnomo Hadi.

Bandara ini dipercantik dengan kehadiran "hutan mini". Aneka tumbuhan cukup rapat menghias lobi dan taman di tengah lantai dasar. Bukan sekadar ornamen,  "hutan mini" ini juga dimaksudkan sebagai simbol identitas kota Balikpapan, dan juga Pulau Kalimantan secara umum.

“Kalimantan kan banyak hutan. Jadi dihadirkan pula "hutan mini" dan tiang-tiang ornamen yang berbentuk batang melambangkan jungle, sehingga landscape tampak alami dan elegan,” kata Polana.

Mal masuk bandara

Selain terdapat "hutan mini", terobosan lain yang dihadirkan Angkasa Pura I untuk Terminal baru Bandara Internasional Sepinggan ini adalah pusat belanja. Mal ini dikembangkan untuk melayani penumpang dan juga masyarakat umum.

Menurut Polana, kehadiran pusat belanja di Terminal baru Bandara Internasional Sepinggan, bertujuan untuk dapat memberikan konstribusi signifikan terhadap pendapatan berkelanjutan (recurring income) Angkasa Pura I.

Airport  ini dilengkapi mal. Terminal bandara tentu memiliki banyak area komersial. Dan mungkin di Indonesia, ini baru pertama kali Bandara dilengkapi pusat belanja,” kata Polana.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X