Kompas.com - 13/03/2014, 15:17 WIB
Hunian www.designboom.comHunian "White Tree" terlihat menonjol dengan fasad sangat menarik.
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Kreativitas dan imajinasi bagi seorang arsitek sangat penting dalam menghasilkan sebuah karya yang berbeda. Dua hal tersebut membuat sang arsitek dipandang dan mendapat pengakuan atas karyanya. 

Demikian pula karya yang dihasilkan arsitek Jepang, Sou Fujimoto. Rancangannya terbaru sangat menarik perhatian dan diakui pemerintah Montpellier, Perancis, sebagai prototipe arsitektur berkelanjutan. Ia mendesain sebuah menara multifungsi di wilayah selatan Perancis. Menara ini terinspirasi dari struktur sebuah pohon.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

www.designboom.com Fujimoto menciptakan struktur 17 lantai yang disebut sebagai Pohon Putih (white tree). Dari jauh, bangunan ini akan terlihat melengkung dan sangat menonjol di antara gedung-gedung lainnya.
Fujimoto menciptakan struktur 17 lantai yang disebut sebagai Pohon Putih (white tree). Dari jauh, bangunan ini akan terlihat melengkung dan sangat menonjol di antara gedung-gedung lainnya. Tak satu pun keberatan dengan kehadiran struktur dengan balkon yang mirip daun, ranting, dan batang berantakan ibarat tertiup angin tersebut.

Karya Fujimoto ini tampil ke permukaan setelah melalui rangkaian kompetisi yang digelar Pemerintah Montpellier untuk merevitalisasi kawasan hunian Folies menjadi lebih modern sebagai inisiatif arsitektur berkelanjutan. Inisiatif ini disebut sebagai Folies Abad 21.

www.designboom.com Di dalam struktur yang rencananya beroperasi pada 2017 tersebut terdapat unit-unit griya tawang, restoran di lantai dasar, galeri seni, dan kantor di samping apartemen.
Pada abad 18, folies merupakan kawasan hunian mewah dan elite milik para bangsawan dan kerajaan. Menurut Montpellier Tourist Office, nama folies berasal dari kata Perancis, "feuille", yang berarti daun. Nama ini sesuai dengan kondisi sekitar yang dikelilingi taman dan pohon yang rimbun.

Revitalisasi Folies dilakukan untuk tujuan mengembalikan identitas kota Montpeiller. Itulah mengapa karya Fujimoto ini lekat dengan folies asli. Di dalam struktur yang rencananya beroperasi pada 2017 tersebut terdapat bar griya tawang, restoran di lantai dasar, galeri seni, dan kantor di samping apartemen. Setiap unit apartemen memiliki balkon yang terbuka lebar. Desain balkon seperti ini dimaksudkan untuk mendorong penghuni agar dapat berjemur di bawah sinar mentari.

www.designboom.com Uniknya, folies versi modern tersebut tidak memiliki denah baku. Sebaliknya, Fujimoto membebaskan penghuni untuk memilih sejumlah serangkaian modular interior yang ditawarkan atau sering disebut arsitektur bebas pilihan.
Uniknya, folies versi modern tersebut tidak memiliki denah baku. Sebaliknya, Fujimoto membebaskan penghuni untuk memilih sejumlah serangkaian modular interior yang ditawarkan atau sering disebut arsitektur bebas pilihan. Free-choice architecture ini memungkinkan penghuni memilih sendiri floorplan-nya berikut fitur-fitur opsional lainnya.

Kendati imej folies merupakan hunian mewah, namun rancangan baru Fujimoto justru jauh dari kesan eksklusif. Bahkan sangat menarik bagi siapa pun yang bertandang atau bermalam di Montpeiller untuk menikmati "ruang publik visual" dengan fasad yang menonjol tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.