Konsep "Lampu Kembang", Membuat Cahaya Mekar dalam Gelap

Kompas.com - 09/03/2014, 13:14 WIB
Lampu gantung karya desainer Rusia Constantin Bolimond akan terbuka dan menyala ketika sensornya menyatakan bahwa sekelilingnya kekurangan cahaya. DezeenLampu gantung karya desainer Rusia Constantin Bolimond akan terbuka dan menyala ketika sensornya menyatakan bahwa sekelilingnya kekurangan cahaya.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Lampu gantung karya desainer asal Rusia, Constantin Bolimond, memadukan keindahan dan kecanggihan teknologi. Bolimond memanfaatkan keanggunan bentuk bunga yang tengah mekar untuk membuat lampu gantung canggih.

Lampu tersebut bernama "Bloom". Menurut sang kreator, lampu itu memang terinspirasi dari bunga. Namun, konsep yang digunakannya bertolak belakang dari bunga hidup. Alih-alih mekar karena disinari oleh sinar matahari, lampu berbentuk bunga yang dibuat oleh Bolimond justeru akan "mekar" jika lingkungan di sekitarnya gelap.

"Idenya datang dari bunga yang mulai mekar ketika matahari bersinar," ujar Bolimond kepada Dezeen.com.

Sensor optik yang sengaja ditanam dalam lampu gantung karya Bolimond akan bereaksi jika lingkungan sekitarnya gelap. "Putik" lampu ini akan membuka sedikit demi sediki, hingga akhirnya lampu yang tepat berada di tengah-tengahnya menyala.

Dezeen Lampu gantung karya Bolimon terdiri dalam beberapa pilihan warna.

Meski masih berbentuk konsep, Bolimond sudah membayangkan bahwa desainnya ini bisa dibuat dengan menggunakan beberapa material dan warna. Dalam portofolionya, Bolimond menyatakan bahwa desainnya tersebut bisa dibuat dari kayu, plastik, bahkan kertas daur ulang.



Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X