Mengenang Kisah Keji "Pembantaian Breivik" di Norwegia

Kompas.com - 07/03/2014, 17:17 WIB
Seniman asal Swedia, Jonas Dahlberg mendesain Jonas Dahlberg StudioSeniman asal Swedia, Jonas Dahlberg mendesain "luka" berukuran tiga setengah meter di tengah-tengah lanskap untuk mengenang korban Anders Behring Breivik. Lanskap unik ini berada di Semenanjung Sørbråten.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Seniman asal Swedia, Jonas Dahlberg, terpilih membuat tugu resmi untuk mengenang situs pembantaian yang terjadi 2011 lalu di Norwegia. Dahlberg telah melewati tahap kompetisi bernama "Memorial Sites After 22 July".

Sebagai juara pertama, Dahlberg akan membuat tiga karya seni dalam anggaran sebesar 27 juta Krone Norwegia (sekitar Rp51,5 miliar). Salah satu karya akan mengingatkan penduduk Norwegia atas kekejian ekstrimis Anders Behring Breivik (Baca: Breivik, Pelaku Pembantaian di Norwegia, Gila!).

Karya itu tidak hanya sekadar unik, namun juga penuh makna. Seolah menorehkan luka, karya bernama "Memory Wound" pun akan mengubah lanskap Semenanjung Sorbraten selamanya.

Jonas Dahlberg Studio Seniman asal Swedia Jonas Dahlberg terpilih untuk membuat tugu resmi dalam rangka mengenang pembantaian di Norwegia 2011 lalu.
"Konsep saya bagi Memorial Srbraten menawarkan sebuah luka atau sebuah torehan di antara alam itu sendiri. Hal ini akan mereproduksi pengalaman fisik sebuah pengambian tiba-tiba, merefleksikan kehilangan mendadak dan permanen oleh mereka yang meninggal," ujar Dahlberg ihwal rencananya itu.

Dahlberg akan memotong Semenanjung Sorbraten setebal 3,5 meter. Bagian tersebut menghadap Pulau Utoya, tempat Breivik membunuh 69 orang.

Seperti dikutip dair Guardian, langkah ini merupakan penempatan "luka simbolis" pada lanskap setempat. Menurut media itu, 100m3 bebatuan akan dipotong dari Sorbraten dan akan dikirimkan ke Oslo.

Di tempat itu, tugu peringatan lain juga akan dibangun tepat di lokasi bom mobil yang diprakarsai juga oleh Breivik. Delapan orang tewas dalam insiden tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X