Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 08/02/2014, 17:56 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com — Di tengah kenaikan harga properti yang tak terkendali, ternyata masih ada pengembang yang menawarkan produk perumahan dengan harga Rp 100 jutaan.

Mereka yang memasarkan produk dengan harga terjangkau ini mulai berpameran di ajang "Indonesia Properti Expo 2014" yang berlangsung pada Sabtu (8/2/2014) hingga Minggu (16/2/2014). 

Berdasarkan penelusuran Kompas.com di lokasi pameran, terdapat tiga pengembang yang mencoba menggaet konsumen dengan harga sangat kompetitif tersebut. Ketiganya adalah Grup Duta Putra, PT Central Bangun Cemerlang, dan Grup Riscon Realty.

Grup Duta Putra menawarkan produk terbarunya di perumahan Pondok Ungu Permai, Bekasi, melalui klaster Sanur. Mereka mematok harga mulai dari Rp 196.295.000 untuk rumah dengan dimensi 36/60.

Sedangkan PT Central Bangun Cemerlang memasarkan Fontana Lake di Cileungsi, Kabupaten Bogor, senilai Rp 115.000.000 untuk rumah tipe 30/72. 

Sementara itu, Riscon Realty menawarkan tiga perumahan murah sekaligus, yakni Bukit Tirta Nirmala (BTN), Bumi Citra Asri (BCA), dan Kalisuren Paradise 3.

BTN berada di Jalan Empat Lima, Cikulur, Kuranji, Serang-Banten. Di proyek tersebut, rumah bertipe 30/60 dibanderol dengan harga Rp 99.750.000. Sedangkan BCA yang menempati area di Jalan Raya Tonjong, Tajurhalang, Bogor, dipasarkan dengan harga Rp 110.000.000 untuk tipe 30/60.

Kalisuren Paradise 3 di Jalan Raya Kalisuren (Bojonggede-Parung), Tajurhalang, Bogor, dipatok seharga Rp 95.000.000 untuk rumah dengan ukuran 30/60. 


Meskipun lokasi perumahan-perumahan tersebut jauh dari pusat kota, masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dapat mengaksesnya dengan mudah. Pasalnya, para pengembang menyediakan berbagai kemudahan pembayaran. 

Rumah Bukit Tirta Nirmala tipe 30/60 contohnya, MBR hanya perlu membayar uang muka sebesar 10 persen dari harga jual Rp 99,75 juta yang bisa diangsur sebanyak tiga kali. Sembilan puluh persen sisanya bisa dibayar melalui fasilitas KPR dengan besaran cicilan Rp 1,8 juta per bulan untuk masa tenor selama 5 tahun, dan Rp 488.047 per bulan untuk masa tenor 25 tahun.

Kemudahan pembiayaan serupa juga ditawarkan Fontana Lake. Pembeli hanya menyediakan uang muka Rp 15 juta untuk kemudian secara bebas dapat memilih opsi cicilan dan tenor mulai dari Rp 1,2 juta per bulan selama 10 tahun atau Rp 801.960 per bulan selama 20 tahun dengan suku bunga 7,25 persen.
 
 
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+