Kompas.com - 17/01/2014, 11:58 WIB
Di tempat inilah para seniman China memahat atau lebih tepatnya www.designboom.comDi tempat inilah para seniman China memahat atau lebih tepatnya "mereproduksi" patung-patung seperti 'David' salah satu masterpiece Michelangelo dan replika dari karya besar Yunani kuno 'Venus de Milo'.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Dong Cheng adalah sebuah kota kecil pinggiran di China. Hampir setiap kegiatan komersial di kota ini dianggap "bertanggung jawab" untuk urusan meniru patung tokoh-tokoh terkenal dunia.

www.designboom.com Goia menangkap serangkaian gambar yang mendokumentasikan kegiatan padat karya dan sangat khusus, yang menurutnya sebagai komunitas aneh terdiri dari para pematung desa.
Pemandangan itulah yang dipaparkan oleh fotografer Italia, Chiara Goia. Goia menangkap serangkaian gambar yang mendokumentasikan kegiatan padat karya dan sangat khusus, yang  menurutnya sebagai komunitas aneh, terdiri dari para pematung desa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

www.designboom.com Terbilang aneh menyimak subyek foto-foto di sekitar lokasi ini. Sebutlah misalnya, hadirnya patung 'David' yang berdiri di depan sebuah bangunan tradisional Cina, berdekatan dengan sepeda motor yang dipakai. Tak diragukan lagi, benar-benar terasa aneh!
Goia memotret kerja mereka membuat patung-patung klasik dengan cara "menyamarkan" dalam lapisan tebal bubuk putih yang menyelimuti lokasi kegiatan. Ia menggambarkan suasana para seniman lokal di tengah-tengah kesibukan mereka memahat atau lebih tepatnya "mereproduksi" patung-patung seperti "David", salah satu masterpiece Michelangelo dan replika dari karya besar Yunani kuno "Venus de Milo".

www.designboom.com Ia menggambarkan suasana para seniman lokal di tengah-tengah kesibukan mereka memahat atau lebih tepatnya
Memang, terbilang aneh menyimak subyek foto-foto di sekitar lokasi ini. Sebutlah misalnya, hadirnya patung "David" yang berdiri di depan sebuah bangunan tradisional China, berdekatan dengan sepeda motor yang dipakai. Tak diragukan lagi, benar-benar terasa aneh! 

www.designboom.com Goia memotret kerja mereka membuat patung-patung klasik dengan cara
Goia merasa, para pengrajin yang bekerja di situ melakukan kerja memotong dan mengukir dengan hampir sempurna dari patung-patung aslinya. Namun, menurut dia, peran mereka sebagai pencipta, lepas dari urusan produk palsu yang mereka berikan, tetaplah sebuah seni.

www.designboom.com Ia menggambarkan suasana para seniman lokal di tengah-tengah kesibukan mereka memahat atau lebih tepatnya
Ia mengaku, dari perjalanan ini dirinya merenungkan batas-batas antara seni rupa, kerajinan, imitasi, dan kepalsuan.

"Tidak bisakah kita mendefinisikan seniman orang?" ujarnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.