Kompas.com - 14/01/2014, 15:52 WIB
Kamar tidur dengan karpet dan perbedaan warna pada dinding dan lantai membuat tampilan berbeda. www.darcane.comKamar tidur dengan karpet dan perbedaan warna pada dinding dan lantai membuat tampilan berbeda.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Bagi Anda yang familiar dengan situs jejaring sosial seperti Pinterest  dan Tumblr, tentu punya banyak referensi mengenai kamar tidur ideal. Namun, sama seperti kecantikan, kamar tidur "ideal" sangat relatif dan bergantung pada selera pemiliknya.

Sementara itu, jika "ideal" di benak Anda adalah kamar-kamar "fotogenik" yang biasa Anda lihat di majalah dan jejaring sosial, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini. Rahasianya adalah menemukan kunci, benang merah, atau unsur yang hampir selalu tersedia dalam setiap foto.

 
Pertama, tambahkan rugs atau karpet. Terlebih, jika kamar tidur Anda menggunakan lantai kayu. Karpet juga bisa Anda gunakan untuk membawa warna ke dalam kamar.
 
Kemudian, jangan lupa memastikan seluruh kamar Anda memiliki nuansa yang terkoordinasi dengan baik. Dengan kata lain, pilihlah palet warna untuk digunakan di dalam kamar. Hindari menggunakan banyak warna dalam kamar tidur. Pilihlah satu warna untuk dinding, satu warna untuk lantai, satu warna untuk gorden dan karpet, serta beberapa bantal aksen.
 
Cara termudah membuat ruangan terasa menyatu adalah dengan menyamakan warna karpet dengan warna dinding. Dengan cara ini, karpet tidak lagi menjadi titik fokal dalam kamar dan Anda bebas "berkarya" mendekorasi kamar.
 
Bila perlu, ubah warna pigura dan berbagai ornamen lain di dalam kamar hingga memiliki warna yang saling melengkapi dengan menggunakan cat semprot.
 
Pastikan Anda menjaga kamar tetap minimalis. Hindari memasukkan terlalu banyak furnitur ke dalamnya. Terlalu banyak barang di dalam kamar justru membuat kamar tersebut tampak penuh, berantakan, dan ketinggalan zaman. 
 
Ganti sumber cahaya, dan pisahkan menjadi beberapa sumber cahaya di kamar tersebut. Hindari hanya menggunakan satu down lighting di kamar. 
 
Terakhir, perbarui plafon kamar Anda. Beri sapuan warna putih untuk membuatnya lebih segar, atau bermainlah dengan warna. Namun, jika warna dinding kamar sudah gelap, pilihlah warna plafon dua tingkat lebih terang dari warna gelap tersebut.
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.