Kompas.com - 13/01/2014, 17:30 WIB
Harga rumah seken Singapura turun. Brent Lewin/BloombergHarga rumah seken Singapura turun.
|
EditorHilda B Alexander
SINGAPURA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang saat ini masih tertarik membeli rumah di Singapura, pertimbangkanlah fenomena terbaru berikut ini. Alih-alih menuai dollar, malah buntung kemudian.

Pasalnya, menurut Real Estate Singapore Exchange (SRX) harga rumah-rumah pribadi yang dijual kembali di pasar sekunder Singapura, selama empat bulan terakhir 2013 melemah lebih 0,2 persen. Penurunan paling tajam terjadi di pusat kota sebesar 2,3 persen, diikuti kawasan pinggiran yang merosot 1,0 persen.

SRX mempublikasikan data kompilasi tersebut dari beberapa lembaga properti di Singapura. Menurut data SRX, harga penjualan kembali rumah-rumah pribadi di pinggiran kota Singapura berbanding terbalik dengan tren secara keseluruhan yang menanjak 2,9 persen.

Disebutkan, sebanyak 377 hunian non-tapak dijual kembali pada bulan Desember, sedikit lebih banyak ketimbang pencapaian bulan November yang terjual 375 unit.

Sementara itu, harga sewa rumah non-tapak milik privat tergelincir 1,3 persen pada Desember lalu, menandai penurunan bulanan yang terjadi berturut-turut untuk sektor ini.

Penurunan harga sewa terjadi di tiga daerah. Wilayah pusat kota lagi-lagi menunjukkan kejatuhan paling tajam yakni 1,8 persen.

Sementara di perbatasan kota, merosot 0,9 persen. Demikian halnya di wilayah pinggiran yang turun 0,5 persen.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.