Kompas.com - 11/01/2014, 10:54 WIB
Hindari warna gelap di kamar tidur, karena warna gelap hanya akan membuat ruangan menjadi sempit. www.highsi.comHindari warna gelap di kamar tidur, karena warna gelap hanya akan membuat ruangan menjadi sempit.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com — Seberapa besar ukuran kamar tidur yang ideal bagi Anda? Tentu, semua orang memiliki ukuran dan kriteria tersendiri mengenai hal tersebut. Namun, bagaimana jika Anda terpaksa tinggal dalam rumah atau apartemen dengan ukuran kamar tidur yang sangat terbatas dan jauh di luar kriteria Anda?

Sebenarnya, Anda tidak perlu kecewa karena tidak selamanya ukuran ruang menjadi tolok ukur yang relevan dalam menilai kenyamanan kamar tidur. Dengan beberapa "aturan" ini, kamar berukuran terbatas pun tetap nyaman bagi Anda.

 
Pertama, pastikan dinding kamar tersebut berwarna cerah. Pemilik Items of Interest yang juga interior desainer, Susie Kurkowski, mengatakan, "Hindari menggunakan warna gelap di ruangan berukuran kecil. Kapan pun Anda menggunakan warna lebih gelap pada dinding, seperti oranye gelap atau biru tua, warna tersebut akan membuat dinding (tampak) lebih dekat pada Anda."
 
www.highsi.com Gunakan pencahayaan dari atas dan dari bawah. Jika Anda hanya menempatkan satu pencahayaan di plafon yang menyorot ke bawah, ketika lampu dinyalakan, plafon akan tertutup bayangan dan tampak rendah.
Kedua, gunakan pencahayaan dari atas dan dari bawah. "Seiring waktu, orang lebih sering menggunakan lampu yang bersinar ke bawah. Padahal, menyinari plafon mampu membuat plafon tampak lebih tinggi," ujar Kurkowski. Jika Anda hanya menempatkan satu pencahayaan di plafon yang menyorot ke bawah, ketika lampu dinyalakan, plafon akan tertutup bayangan dan tampak rendah.

Menyinari plafon tidak harus selalu menggunakan lampu sorot yang ditaruh di sekeliling ruangan. Lampu seperti ini pun mampu menyinari bagian plafon dan membuatnya tidak tertutup bayangan.
 
Menggunakan bahan yang mampu memantulkan cahaya atau menyerupai cermin pada plafon pun bisa Anda lakukan. "Anda tentu tidak ingin menempatkan warna lebih gelap pada plafon karena akan membuat plafon terasa lebih rendah," imbuhnya. Selain di plafon, menempatkan cermin di dinding pun mampu memberikan ilusi bahwa ruangan, khususnya kamar tidur Anda, berukuran lebih besar.
 
www.highsi.com Carilah furnitur yang rendah dalam ruangan berplafon rendah. Hindari menggunakan kursi dan sofa dengan sandaran tinggi. Pastikan Anda menjaga proporsi di dalam ruangan.
Ketiga, berinvestasilah pada wallpaper bercorak garis-garis vertikal jika plafon di kamar Anda relatif rendah. Garis vertikal mampu menciptakan ilusi ketinggian yang lembut dan cantik. Sementara itu, untuk ruangan yang sempit tetapi relatif tinggi, gunakan wallpaper bercorak garis-garis horizontal.
 
Kelima, carilah furnitur yang rendah dalam ruangan berplafon rendah. Hindari menggunakan kursi dan sofa dengan sandaran tinggi. Pastikan Anda menjaga proporsi di dalam ruangan.

"Anda harus menjaga agar interior terasa ringan dan penuh udara untuk membuat ruang berukuran kecil tampak lebih besar," ujar Kurkowski. Dia sekali lagi mengingatkan Anda untuk menggunakan furnitur yang rendah di ruangan berplafon rendah, selain juga tetap menghias ruangan dengan karya seni. Namun, cari karya netral dan berukuran pas dalam ruangan tersebut.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.