Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjaga Resolusi Lewat Dekorasi

Kompas.com - 06/01/2014, 12:06 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Menetapkan resolusi setiap awal tahun sudah dianggap sebagai hal wajar. Tentu, tak salah memiliki keinginan untuk memperbaiki diri. Sayangnya, terkadang resolusi tersebut hanya sebatas keinginan dan tidak benar-benar dijalankan.

Tentunya, banyak cara untuk Anda mampu menepati resolusi tersebut. Salah satunya, dengan dekorasi rumah.

Dekorasi minimalis misalnya, mampu membuat Anda menjalankan resolusi sebagai orang yang lebih baik, lebih rapih, dan lebih peka pada keadaan. Seperti dikutip dalam Decoist, umumnya kita mengelilingi diri sendiri dengan berbagai barang yang sebenarnya tidak kita suka atau bahkan tidak dibutuhkan. Karena itu, singkirkanlah barang-barang menumpuk tersebut sekarang juga! Berikan pada orang yang lebih membutuhkan, atau buatlah acara cuci gudang.

www.decoist.com Umumnya kita mengelilingi diri sendiri dengan berbagai barang yang sebenarnya tidak kita suka atau bahkan tidak dibutuhkan. Karena itu, singkirkanlah barang-barang menumpuk tersebut sekarang juga! Berikan pada orang yang lebih membutuhkan, atau buatlah acara cuci gudang.
Sementara itu, jika resolusi Anda tahun ini adalah lebih menjadi lebih bugar dengan berolah raga, Anda bisa membuat ruang olah raga di rumah. Tidak perlu menggunakan barang-barang atau alat olah raga mahal. Anda hanya perlu menyiapkan satu ruangan yang tidak digunakan, atau padukan dengan kamar tidur Anda, sediakan alas yoga, dan mulailah peregangan sederhana setiap hari. Langkah kecil mampu membuat perbedaan besar. Meski Anda hanya memulai dengan senam ringan yang dipandu oleh video atau acara televisi, Anda bisa merasakan perbedaan pada tubuh Anda di kemudian hari.

wwww.decoist.com Tidak perlu menggunakan barang-barang atau alat olah raga mahal. Anda hanya perlu menyiapkan satu ruangan yang tidak digunakan, atau padukan dengan kamar tidur Anda, sediakan alas yoga, dan mulailah peregangan sederhana setiap hari. Langkah kecil mampu membuat perbedaan besar.
Anda juga bisa menjalankan resolusi untuk lebih ramah lingkungan dengan menggunakan perangkat ramah lingkungan. Mulai dari penggunaan alat elektronik hemat energi, mendaur ulang sampah, hingga sekedar membuka jendela dan membiarkan adanya perputaran udara di dalam rumah mampu membuat Anda bagian dari gerakan tersebut.

Kemudian, Anda juga bisa mendekor rumah Anda dengan hal-hal yang menginspirasi Anda dan keluarga untuk terus belajar. Anda bisa menggunakan buku sebagai ornamen pada meja kopi, atau untuk memenuhi rak buku di ruang keluarga. Tentu, pastikan Anda dan keluarga dapat dengan mudah membacanya.

www.decoist.com Anda juga bisa mendekor rumah Anda dengan hal-hal yang menginspirasi Anda dan keluarga untuk terus belajar. Anda bisa menggunakan buku sebagai ornamen pada meja kopi, atau untuk memenuhi rak buku di ruang keluarga. Tentu, pastikan Anda dan keluarga dapat dengan mudah membacanya.
Mungkin juga, resolusi Anda tahun ini adalah mengurangi makanan-makanan tidak sehat. Maka itu, Anda perlu "membuka" dapur Anda, membuatnya lebih menyenangkan, dan mulai "berkarya" di dalamnya. Jadikan dapur dan ruang makan sebagai tempat yang nyaman dan bersih. Dengan cara ini, Anda bisa menghabiskan banyak waktu di dapur dan menyantap makanan sehat.

Ingatkan juga diri Anda secara visual. Misalnya, dengan menggunakan warna-warna terang agar Anda selalu ceria, menempatkan papan tulis untuk memajang target Anda, atau bahkan memajang foto keluarga yang diambil setiap bulan.

"Proyek" memotret keluarga Anda setiap bulan dan memajangnya mampu mengumpulkan keluarga Anda, paling tidak sekali dalam sebulan. Jika resolusi Anda adalah mendekatkan diri dengan keluarga, tidak ada salahnya mencoba langkah kecil, bukan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com