Kompas.com - 30/12/2013, 14:51 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Keselamatan pengendara sepeda di London kini semakin menjadi perhatian utama, menyusul serentetan kematian akibat kecelakaan itu. Rencana pun digagas untuk Skycycle atau jalur panjang khusus sepeda di atas rute kereta.

Skycycle adalah jaringan rute jalan sepanjang 135 mil (lebih dari 217 km) yang akan dibangun di atas jalur rel kereta yang telah ada. Jaringan rute jalan ini dibangun sebagai rute baru di seluruh London.

Jalan bagi pesepeda itu dikembangkan oleh Sir Norman Foster, arsitek yang suka bersepeda. Foster adalah perancang St Mary Axe yang dikenal sebagai "The Gherkin". Dia jugalah otak di balik rancangan Stadion Wembley yang baru.

Dalam perencanaannya, Skycycle akan dapat diakses melalui jalur-jalur landai di lebih dari 200 titik. Tahap pertama pembangunannya akan mencapai 4 mil (lebih dari 6 km), yang membentang dari timur London ke Liverpool Street Station dengan biaya mencapai 220 juta poundsterling (sekitar Rp 4,4 triliun).

www.dailymail.co.uk SkyCycle adalah jaringan rute jalan sepanjang 135 mil yang akan dibangun di atas jalur rel kereta yang telah ada. Jaringan rute jalan ini dibangun sebagai rute baru di seluruh London.
Para pengembang yang menangani proyek ini mengatakan, hampir 6 juta orang hidup dalam daerah cakupan rute sepeda yang diusulkan ini. Sementara itu, separuhnya tinggal dan bekerja dalam waktu 10 menit dari pintu masuk ke rute ini. Tiap-tiap rute dari 10 rute yang diusulkan itu dapat menampung 12.000 pengendara sepeda per jam dan akan meningkatkan waktu perjalanan hingga 29 menit.

Mereka juga mengklaim, pembangunan jalan ini membutuhkan waktu lebih dari 20 tahun. Namun, mereka berani menjamin akan menyediakan jalan dengan biaya jauh lebih rendah ketimbang membangun jalan atau terowongan baru.

"Untuk meningkatkan kualitas hidup bagi semua warga di London, dan tentu saja untuk mendorong generasi baru pengendara sepeda, kita harus membuatnya aman," ujar Foster.

"Namun, hambatan terbesar untuk memisahkan mobil dan pengendara sepeda adalah kendala fisik jalan-jalan di London, yang semua ruangnya sudah begitu stagnan," tambahnya.

Ideal untuk komuter

Foster mengatakan, Skycycle adalah pendekatan lateral untuk sebuah ruang baru di kota yang semakin padat. Dengan menggunakan koridor di atas kereta api pinggiran kota, warga pesepeda bisa memiliki jaringan jalan yang aman dan bebas mobil. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.