Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rahasia Sukses Bikin Pesta di Rumah!

Kompas.com - 13/12/2013, 17:05 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak cara dalam menyambut hari raya dan pergantian tahun. Salah satunya membuat acara berkumpul bersama kerabat dan keluarga. Acara tersebut bisa dikemas dalam bentuk makan bersama, bahkan pesta.

Selain tentunya menyajikan acara yang menarik dan interaktif, dekorasi juga memegang peranan penting di dalam pesta. Dekorasi tidak melulu soal estetika, namun fungsi.

Simak tiga hal yang perlu Anda sajikan dalam pesta di rumah Anda berikut ini.

 
Kontributor Houzz Jessica McClendon mengungkapkan, "Desain yang baik tidak hanya mengenai bagaimana Anda merasa nyaman di dalam rumah, namun juga bagi orang lain ketika Anda mengundang mereka ke dalam. Salah satu cara untuk dapat lebih hangat menyambut mereka adalah menata rumah untuk mempertemukan kebutuhan fungsional dan emosional. Ketika Anda mencintai rumah, secara alami Anda ingin membaginya dengan orang lain."

McClendon juga menggarisbawahi tiga hal: refreshment, tempat duduk, dan kamar mandi.

 
Pertama-tama, agar acara kumpul-kumpul keluarga atau pesta sukses, Anda membutuhkan penyegar atau refreshment. Jangan sampai ada tamu yang harus meminta minuman pada Anda. Usahakan Anda sudah menyediakannya sebelumnya, atau mudahkan mereka mengambil sendiri. Lakukan ini ketika mempersiapkan interior rumah bagi pesta tersebut: sediakan meja khusus (bisa berbentuk kereta dorong yang bisa dipindah-pindah dengan mudah), kemudian sediakan pitcher berisi air minum, gelas, es, dan Anda juga bisa menawarkan minuman dalam kemasan.
 
"Kereta bar" adalah solusi ringkas dalam menyambut tamu. Di kereta dorong tersebut, Anda bisa memenuhinya dengan minuman ringan dan cemilan. Anda bisa melakukan hal ini dengan ringkas tanpa perlu memperdulikan ornamen. Namun, menyediakan minuman lewat pitcher, menyediakan bucket es, dan meletakkannya di atas nampan perak atau stainless pun mampu membuatnya tampak istimewa.

Jangan lupa, siapkan juga bingkisan bagi tamu Anda. Hanya potongan kecil kue yang Anda buat sendiri dan dibungkus dalam kemasan khusus sudah cukup untuk menggambarkan rasa terima kasih Anda atas kedatangan mereka.

 
Selanjutnya, Anda perlu menyediakan tempat duduk bagi tamu-tamu. Ingat, sofa di rumah Anda tidak akan cukup menyambut tamu lebih dari 10 orang. Maka itu, sediakan juga bangku-bangku "darurat" dan karpet bersih untuk mereka. Sedikit tips, gunakan juga kursi-kursi dari dapur dan letakkan kursi tersebut di ruang keluarga untuk mengurangi kekurangannya.
 
Terakhir, berikan perhatian khusus pada kamar mandi. Anda tentu punya kamar mandi. Namun, sudahkan kamar mandi tersebut siap menghadapi tamu Anda? Coba perhatikan kamar mandi umum yang ada di mall atau restoran. Perhatikan apa kekurangannya dan sediakan semua keperluan tersebut di rumah Anda bagi para tamu. Anda bisa mulai dengan daftar ini terlebih dahulu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com