Kompas.com - 13/12/2013, 11:01 WIB
Sebagai salah satu ornamen dekoratif, lilin dapat mempercantik sekaligus sebagai sumber penerangan ruangan. Ia dapat menghidupkan suasana kaku dalam ruang modern minimalis. interiors-luxury.comSebagai salah satu ornamen dekoratif, lilin dapat mempercantik sekaligus sebagai sumber penerangan ruangan. Ia dapat menghidupkan suasana kaku dalam ruang modern minimalis.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Lelehan lilin memang bisa menjadi masalah. Jangan panik, ada cara mudah membersihkan lelehan tersebut pada wadahnya. Namun, sebelum mulai membersihkan, pastikan dulu jenis material tempatnya menempel. Pasalnya, tiap material membutuhkan pendekatan yang berbeda.

Kaca dan plastik bisa mendapat perlakuan yang sama. Untuk menghilangkan lelehan lilin dari tempat lilin, masukkan tempat lilin tersebut ke dalam freezer selama 30 menit. Udara dingin akan mengeraskan lilin. Jadi, ketika beku, lilin lebih mudah dibersihkan dengan menggunakan pisau tumpul. Bersihkan sisa-sisa lilin dengan memanfaatkan kain lembut dan sedikit minyak bayi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, untuk membersihkan tempat lilin yang terbuat dari besi, Anda perlu memasukkannya dalam air mendidih. Didihkan dulu air, kemudian masukkan dalam wadah yang dapat menampung tempat lilin. Biarkan hingga air mendidih tersebut mendingin. Ketika itu, lilin pun sudah terlepas dari tempatnya. Jangan lupa, lap dengan kain bersih yang lembut. Namun, jika Anda tidak ingin mengambil risiko dan memasukkan tempat lilin ke dalam air mendidih, Anda juga bisa mencoba cara yang sama bagi kaca dan plastik.

Untuk barang-barang perak, pastikan Anda membersihkan sisa lilin dengan lembut. Letakkan tempat lilin perak ke dalam freezer selama 20 menit. Kemudian, hilangkan sisa lilin dengan kuku. Jangan gunakan pisau karena akan mampu merusak permukaannya. Bersihkan sisa-sisanya dengan bola kapas yang sudah diberi pemoles perak atau alkohol. Ganti bola kapas setelah menyeka. Bila tidak, sama saja Anda menempelkan kembali lilin ke permukaan perak.

Sebagai tambahan, jika lilin menempel di permukaan kayu, cobalah menempatkan koran ke permukaan lilin yang menempel ke kayu. Kemudian, gunakan setrika dalam keadaan hangat untuk menekan lilin yang menempel pada kayu dari atas koran. Kertas koran akan menyerap lilin ketika lilin meleleh. Meja Anda pun bersih dari lilin. Hati-hati, jangan sampai setrika Anda terlalu panas karena rentan menimbulkan api.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.