Kompas.com - 07/12/2013, 16:21 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com — Siapa bilang menyisihkan sedikit uang adalah tindakan sia-sia? Menyimpan sejumlah uang untuk kejadian-kejadian darurat yang berhubungan dengan rumah Anda adalah tindakan cerdas.

Sebab, tanpa terduga, Anda mungkin akan membutuhkannya untuk membetulkan plafon yang roboh akibat badai, atau kejadian-kejadian lainnya. Jika ternyata tidak terjadi apa pun, Anda juga bisa menggunakan uang tersebut untuk merawat rumah. Ingatlah bahwa rumah yang terawat bisa meningkatkan nilai investasinya!

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ketika ingin mulai menyisihkan sebagian uang untuk rumah adalah berencana. Rencanakan berapa besaran uang yang ingin Anda sisihkan setiap bulan dan sediakan akun khusus (di bank atau penyimpanan konvensional). Sebisa mungkin, gunakan simpanan ini untuk membiayai segala keperluan perawatan rumah.

Untuk memutuskan seberapa besar uang yang harus Anda kumpulkan setiap tahunnya, cobalah menghitung dari nilai rumah. Jika nilai rumah sekitar Rp 2 miliar, Anda butuh antara satu persen hingga tiga persen setiap tahunnya. Satu sampai tiga persen kira-kira Rp 20 juta sampai Rp 60 juta setiap tahun atau Rp 1,6 juta sampai Rp 5 juta per bulan.

Dana ini nantinya akan Anda gunakan untuk memelihara rumah dan mengganti material dan perlengkapan yang rusak.

Anda juga bisa memutuskannya berdasarkan anggaran seluruh anggota keluarga. Diskusikan hal ini, hitung seluruh anggaran masing-masing anggota keluarga, dan bagi menjadi 12. Jumlah yang keluar adalah jumlah yang bisa Anda simpan setiap bulan.

Minta juga pendapat dan bantuan dari bank tempat Anda menyimpan uang khusus untuk dana rumah tangga ini. Ada beberapa bank yang menyediakan penarikan otomatis dan mampu memindahkan sejumlah uang dari rekening Anda ke rekening rumah tangga.

Terakhir, ingatlah kembali bahwa merawat rumah Anda akan terbayar di masa depan. Jika tidak berencana pindah, Anda tentu bisa langsung merasakan nyamannya rumah terawat. Namun, jika berencana menjual rumah tersebut, Anda akan lihat bahwa nilai investasi akan bertambah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.