Kompas.com - 04/12/2013, 19:41 WIB
Tidak semua orang memiliki jenis kulit yang sama. Jadi, efek satu sarung bantal kepada satu orang akan berbeda dengan orang lainnya. www.shutterstock.comTidak semua orang memiliki jenis kulit yang sama. Jadi, efek satu sarung bantal kepada satu orang akan berbeda dengan orang lainnya.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Memang, meskipun Anda sudah merawat kulit wajah sebelum tidur di malam hari, masih ada kemungkinan Anda bangun dengan bercak-bercak merah dan jerawat di wajah pada pagi harinya. Jika ini terjadi pada Anda, kemungkinan masalah ada pada sarung bantal yang Anda gunakan.

Anda tahu penyebabnya? Berikut ini beberapa penyebab sarung bantal bisa menyebabkan masalah pada kulit Anda:

Pertama, sarung bantal bisa menyimpan debu dan minyak dari tubuh Anda. Menurut Direktur dan pendiri The Center for Dermatology, Cosmetic & Laser Surgery, Dr David E Bank seperti dikutip di Huffington Post, sarung bantal bisa menjadi penyebab acne mechanica.

"Acne mechanica adalah tipe jerawat yang terjadi akibat material atau obyek menyentuh wajah Anda. Ketika sarung bantal Anda tidak dicuci atau diganti secara berkala, penumpukan kotoran dan minyak dari lingkungan dan dari kulit dan rambut yang menyentuh bantal ditransfer kembali ke kulit Anda. Hal ini mampu menutup pori-pori dan menyebabkan noda," ujar Dr David E Bank.

Kedua, mungkin bukan material sarung bantal yang bermasalah dengan kulit Anda, tetapi kotoran di permukaannya. Dr Bank percaya bahwa bahan satin yang dipercaya sebagai penyebab jerawat belum tentu benar.

"Apa pun material sarung bantal Anda, jika tidak diganti secara berkala, maka kotoran, debu, dan keringat akan bertumpuk. Jika Anda menggunakan produk tebal pada rambut Anda ketika tidur, minyak dari rambut Anda akan bertahan pada permukaan sarung bantal dan mampu mentransfernya ke wajah Anda. Hal ini bisa terjadi meski sarung bantal Anda terbuat dari katun, sutra, atau satin," ujarnya.

Ketiga, tidak semua orang memiliki jenis kulit yang sama. Jadi, efek satu sarung bantal terhadap satu orang akan berbeda dengan orang lainnya. Menurut pendiri dan President Control Corrective Skincare System Ellen Clark, "Jika Anda rentan terhadap jerawat, apakah itu disebabkan oleh hormon, genetika, stres, sarung bantal bisa memperburuk situasi yang sudah rentan dan menyebabkan mikro-iritasi".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.