Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Tidur, Pastikan Tak Ada "Vampir Elektronik" di Rumah Anda!

Kompas.com - 02/12/2013, 17:22 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber brightness
KOMPAS.com — Siapa sangka, ketika Anda tertidur pulas di malam hari, berbagai barang elektronik di rumah Anda masih mengonsumsi listrik. Padahal, Anda sudah yakin mematikan barang-barang elektronik tersebut.

Barang-barang seperti ini dikenal juga dengan sebutan "vampir elektronik". Seperti dikutip dalam Brightnest, Department of Energy di Amerika Serikat menyatakan bahwa penduduk Amerika Serikat menghabiskan empat miliar dollar AS per tahun karena ulah "vampir elektronik" tersebut. Jadi, pastikan barang-barang berikut ini sudah padam sebelum Anda terlelap!

www.houzz.com Ketiga, lepaskan charger setelah selesai mengisi baterai alat elektronik. Jangan biarkan charger masih terhubung dengan sumber listrik. Usahakan Anda mulai mengisi baterai telepon genggam, tablet, atau kamera beberapa jam sebelum tidur.
Pertama-tama, carilah barang-barang elektronik yang memiliki remote control. Setiap barang elektronik yang dilengkapi dengan alat ini memiliki alat ekstra yang terus menunggu dan siap merespons jika salah satu tombolnya ditekan. Karena itu, matikan alat-alat ini dengan tombol yang ada pada alat elektronik (misalnya televisi, radio, atau decoder), bukan dari remote control-nya.

Menurut Brightnest, di antara barang-barang dengan remote control, TV plasma merupakan alat elektronik paling banyak mengonsumsi energi. Konsumsi tenaga listrik untuk mode "standby" saja menghabiskan 165 dollar AS setiap tahun. Artinya, meskipun tampak padam, pemilik rumah masih harus membayar sejumlah uang.

www.houzz.com Menurut Brightnest, di antara barang-barang dengan remote control, TV plasma merupakan alat elektronik paling banyak mengkonsumsi energi. Konsumsi tenaga listrik untuk mode
Kedua, gunakan stop kontak yang memiliki tombol untuk memadamkannya. Gabungkan televisi, permainan elektronik, dan berbagai alat lainnya pada stop kontak atau power strip tersebut. Hanya sekali tekan, Anda bisa memadamkan semua alat elektronik yang terhubung padanya.

Ketiga, lepaskan charger setelah selesai mengisi baterai alat elektronik. Jangan biarkan charger masih terhubung dengan sumber listrik. Usahakan Anda mulai mengisi baterai telepon genggam, tablet, atau kamera beberapa jam sebelum tidur. Dengan cara ini, ketika Anda ingin beristirahat, proses pengisian baterai sudah selesai. Anda bisa mematikan telepon genggam Anda dan melepaskan charger dari stop kontak selama Anda tidur.

www.houzz.com Setiap barang elektronik yang dilengkapi dengan alat ini memiliki alat ekstra yang terus menunggu dan siap merespon jika salah satu tombolnya ditekan. Karena itu, matikan alat-alat ini dengan tombol yang ada pada alat elektronik (misalnya televisi, radio, atau decoder), bukan dari remote control-nya.
Terakhir, jangan lupakan dapur Anda! Anda mungkin malas mematikan microwave dan coffee maker karena penanda waktu di alat-alat tersebut harus Anda atur kembali ketika Anda nyalakan di pagi hari. Karena itu, gunakan teknologi energy-saving outlet switches untuk alat-alat dapur tersebut.

Tanyakan pada toko elektronik besar di kota Anda. Meski relatif mahal, alat ini mampu membuat Anda mematikan alat-alat elektronik, tetapi seolah membuatnya berada dalam posisi stand by. Ketika dinyalakan, waktunya akan kembali berjalan seperti biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber brightness
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com